Bisnisreview.com -- Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., membuka dan menutup Rapat Kerja Kohanudnas (Raker) tahun 2020 di gedung Leo Wattimena, Markas Kohandunas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (6/2).


Raker Kohanudnas diikuti oleh  Pangkosekhanudnas I,II,III,IV, Danpusdiklathanudnas,para Komandan Satuan Radar (Satrad), Para pejabat Kohanudnas, dan para Komandan Skadron Udara sebagai undangan.


  Dalam sambutannya Pangkohanudnas, menyampaikan “Pelaksanaan Raker ini merupakan tindak lanjut dari Doktrin Swa Bhuwana Paksa yang salah satu operasinya adalah operasi penegakan hukum dan pengamanan wilayah udara nasional dimana setiap negara mempunyai kedaulatan yang utuh dan penuh atas ruang udara nasional. Oleh karena itu sebagai perwujudan dari operasi penegakan hukum dan pengamanan adalah menjamin terselenggaranya penegakan hukum dan pengamanan di wilayah kedaulatan nasional”.


  Rapat kerja Kohanudnas tahun 2020 ini mengambil tema “Melalui Raker Tahun 2020, Kohanudnas siap menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah udara nasional”.


  Raker diisi paparan  dari Pangkohandnas mengenai  Flight Information Region (FIR), Kaskohanudnas materi Refleksi 58 Tahun Kohanudnas dan Ketentuan Bermedia Sosial, Karokum Setjen Kemhan materi Air Defense Identification Zone (ADIZ) dan Penegakan Hukum Udara, Pangkosekhanudnas III materi Penegakan Hukum dan Pengamanan Wilayah Udara Kosek III, Asops Kaskohanudnas materi Prosmekhubja Koopsudnas, serta Dansatrad 212 Ranai materi Penegakan Hukum dan Pengamanan Udara di Wilayah Natuna.


     Sebelun Raker ditutup, Pangkohanudnas memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani bagi para komandan satuan, diantaranya yaitu semua pimpinan satuan harus hand on dalam setiap pelaksanaan tugas, menjaga netralitas dalam Pilkada serentak tahun 2020 serta perbantuan kepada Polri dalam rangka Pilkada serentak 2020.