JAKARTA - Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyerahkan nama calon Panglima TNI usulan Presiden Joko Widodo ke DPR. Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., telah diajukan sebagai calon tunggal pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Saya menerima Mensesneg Pratikno yang menyampaikan surat dari presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo," ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon usai menerima Pratikno di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2017).

"Pergantian kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru," imbuhnya.

Pimpinan DPR menurut Fadli akan langsung menggelar rapat bersama pimpinan fraksi. Rapat Badan Musyawarah akan digelar siang nanti.

"Surat saya terima dan juga diserahkan langsung kepada Plt Sekjen DPR ibu Damayanti untuk segera diproses. Hari ini kita rapim nanti siang rencana nya dan Bamus karena ada beberapa agenda juga," jelas Fadli.

Seperti diketahui, Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Presiden Jokowi mengirimkan nama calon pengganti Jenderal Gatot sebagai Panglima TNI untuk diuji oleh DPR.

"Ya nanti aja lah, (tanya pada) Pak Fadli," ucap Pratikno saat tiba di DPR, pagi ini. (red)
Sumber : Detik