Workshop e-Smart IKM 2017 Melebihi Target

Bisnis 05 Desember 2017 | 08:56:06: WIB

JAKARTA - Kegiatan workshop program e -Smart IKM yang diselenggarakan Ditjen IKM (Industri Kecil dan Menengah) banyak diminati oleh pelaku IKM itu sendiri. Kegiatan workshop tersebut diselenggarakan untuk memberikan bimbingan teknis kepada pelaku IKM nasional mengenai pemanfaatan teknologi digital yang dilatih para tenaga ahli dari marketplace dalam negeri.

"Pada kegiatan workshop e -Smart IkM hingga November 2017 telah diikuti sebanyak 1.630 industri kecil dan menengah (IKM),"kata Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin E. Ratna Utarianingrum di Jakarta, Senin (4/12).

Lanjut Ratna mengatakan jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan pada tahun 2017 sebanyak 1.000 IKM. Ke depannya, diharapkan terus meningkat, di mana tahun 2018 ditargetkan mencapai 4.270 IKM dan tahun 2019 sebanyak 5.240 IKM.

Ratna menyampaikan, total jumlah IKM yang akan mengikuti workshop e-Smart IKM hingga tahun 2019 dapat mencapai lebih dari 10 ribu IKM dan sebanyak 30 ribu produk IKM yang dapat diakses konsumen melalui marketplace.

“Dalam workshop ini, pelaku IKM mendapatkan pelatihan dengan materi fotografi produk serta melakukan transaksi penjualan secara digital,” ujarnya.

Pelaksanaan loka karya ini bekerja sama dengan marketplace dalam negeri seperti bukalapak.com dan Blanja.com. Kegiatan ini telah digelar di beberapa kota di Indonesia, di antaranya Padang, Palembang, Sidoarjo, Bandar Lampung, Buleleng, Balikpapan, Medan, dan Makassar.(vls)