JAKARTA - Komandan Kodiklatau Marsma TNI Chairil Anwar menerima kunjungan Delegasi The Armed Forces of the Philipines Sergeant Major Cours (AFPSMC) di Makodiklatau Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Rabu (6/11). Kedatangan rombongan Angkatan bersenjata Philipina dipimpin oleh Major General Herminigildo Francisco C. Aquino dan membawa pengikut sebayak 35 siswa termasuk staf dan afficial berlangusng tertib dan lancar. Selain Wadan kodiklatau Marsma TNI Irawan Nurhadi para Direktur, Inspektur, Perwira lainya turut menyambut kedatangan rombongan dalam suasana hangat.

Komandan Kodiklat menjelaskan kunjungan delegasi AFPSMC bagian dari kerja sama Indonesia dengan Philipina khususnya Angkatan bersenjata kedua negara. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman yang hasilnya akan menjadi bahan masukan yang sangat bermanfaat. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan serta kerjasama yang telah terjalin dalam mewujudkan saling pengertian antara kedua Angkatan Bersenjata Philipina-Indonesia, khususnya di bidang pendidikan dan latihan. Selain itu para Delegasi juga mendapatkan penjelasan singkat tentang tugas dan tanggung jawab Kodiklatau yang merupakan salah satu lembaga pendidikan dimiliki TNI AU.

Rombongan Delegasi AFPSMC selama berada di Makodiklatau juga menyaksikan profile Kodiklatau. Selain itu Kodiklatau juga bertugas menyelenggarakan pembinaan doktrin dan organisasi satuan jajaran TNI AU, pembinaan pendidikan dan latihan dalam rangka mendukung tugas TNI AU. Pada bagian lain lain, sesi tanya jawab merupakan agenda menarik dari rombongan AFPSMC dan berakhir dengan saling bertukar cindera mata. Rombongan Delegasi ini selain mengunjugi Kodiklatau juga melihat langsung keindahan TMMI dan melanjutkan kunjungan berikutnya di Kodiklat TNI AD Bandung.