PADANG - Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) berdayakan masyarakat melalui program pembenihan ikan air tawar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Padang.

Hal ini diakui oleh Tim IZI Sumbar yang menyatakan bahwa pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu tugas pokok IZI Sumbar. Dalam hal ini IZI Sumbar mengajak Pemkot Padang untuk bersinergi berdayakan sumber daya alam pembenihan air tawar.

"Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu tugas pokok kami. Oleh sebab itu kami bermaksud mengajak sinergi bersama Pemkot Padang untuk berdayakan hasil bumi pembenihan air tawar. Mengingat perikanan dan kelautan di Kota Padang akan sangat baik bila didayagunakan oleh masyarakat."

Demikian disampaikan oleh Tim IZI Sumbar ketika memberikan keterangannya pada Kamis (18/1) kepada Humas Pusat di Jakarta.

Kemudian salah satu penghasil ikan air tawar yang memiliki keunggulan kualitas terletak di Kelurahan Lambung Bukit. Beranjak dari ajakan kerjasama IZI, sehingga mendapat tanggapan positif dari Dinas Perikanan Setempat.

Menurut Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kota Padang, Riska Eka Putri menyampaikan dukungan program yang digagas oleh IZI dalam rangka mendayagunakan hasil bumi ikan serta masyarakat Kota Padang.

"Kami mendukung dan menyambut baik atas ide yang digagas oleh IZI untuk sinergi mendayagunakan hasil bumi ikan serta masyarakat kami disini." Ujar Riska Eka Putri.

Riska menyarankan melalui program ini kedepannya agar tidak hanya berhenti pada eforia, menurutnya harus ada program pendampingan secara berkelanjutan sehingga berdampak besar bagi kemajuan perekonomian dan hasil bumi di Kota Padang.

"Tentunya kami tidak ingin bila ide ini hanya berhenti dalam beberapa waktu saja, hal ini jelas harus terus ditindak lanjut, lakukan pendampingan terhadap kelompok pembenihan ikan agar proses dan hasilnya mempunyai dampak besar bagi kemajuan perekonomian hasil bumi Kota Padang." Tambah Riska.

Selain itu, hal ini mendapat sambutan positif dari Sekretaris Lambung Bukit, Kota Padang yang mana melalui program pemberdayaan masyarakat di bidang pembenihan ikan air tawar agar diupayakan pembinaan kelompok pengangguran di usia produktif.

"Intinya masyarakat dan pemerintah daerah setempat menanggapi positif dan mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan IZI. Namun dimohon agar diupayakan membina kelompok pengangguran usia produktif agar mereka berdaya.” Pungkas Nani.