JAKARTA - Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) kembali melaksanakan kegiatan Manajemen Masjid bagi para Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Jakarta.

Adapun kali ini, IZI melaksanakan event dengan tema Seminar Manajemen Masjid yang diikuti dengan kegiatan Edukasi Zakat melalui website crowdfunding Zakatpedia.com dan permainan Zakat Game IZI.

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (4/3) di Masjid al Hidayah, Cilandak, Jalarta Selatan yang dihadiri oleh 100 peserta undangan terdiri dari jamaah maupun pengurus DKM.

Fahrid Amin selaku Ketua DKM tersebut mengungkap bahwa pihaknya merasa terbantu melalui pelatihan manajemen Masjid. Selain sebagai upaya memberdayakan zakat dari sisi pelayanan pada jamaah, juga berbasis data.

"Sebenarnya Masjid ini tidak hanya sebagai sarana ibadah, utamanya kita bisa memberdayakan masyarakat melalui zakat. Dan di era teknologi ini pun kita bisa menginput data jamaah disini untuk selanjutnya bisa kita informasikan berbagai acara yang diselenggarakan oleh Pengurus DKM kami." Ujar Fahrid Amin.

Hal yang sama, Dewanto selaku Ketua Pelaksana acara tersebut menjelaskan bahwa alasan berjayanya peradaban Islam pada masa sebelumnya karena memfungsikan masjid dengan maksimal.

"Melalui kegiatan yang inspiratif, penuh dengan tradisi ilmu pengetahuan, sehingga Masjid punya kekuatan untuk membuat masyarakat betah. Selain dengan kemasan program Masjid yang kekinian, tujuan utamanya adalah membangkitkan semangat bahwa peradaban Islam bisa berjaya karena berawal dari Masjid." Tuturnya.

Di kesempatan selanjutnya, hadir Farid Airlangga selaku perwakilan Pengurus DKM Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur yang menjelaskan materi tentang pentingnya memanfaatkan Database Jamaah, kemudian melakukan survey minat jamaah terhadap Masjid serta penerapannya dari program tersebut.

"Dari awal mula berdirinya masjid kami di tahun 2003, kami manfaatkan database para jamaah guna untuk survey minat mereka. Dulu kami SMS satu persatu, dan kini telah hadir aplkasi WhatsApp. Maksudnya adalah, seberapa jauh minat jamaah terhadap Masjid. Apa yang mereka inginkan dari Masjid kita ini. Mungkin kemasan kajian, ataupun kegiatan pemberdayaan masyarakat, itu bisa. Kita infokan secara rutin kegiatan kita dab. Selain itu, jangan lupa juga, aspek yang tidak boleh dilupakan oleh para Pengurus DKM adalah pengelolaan dan pemberdayaan Zakat. Sebagai contoh, Masjid Darussalam sudah cukup lama bekerjasama dengan IZI dalam hal pemberdayaan dana Zakat. Dan hingga kini kami fokus salurkan dana Zakat pada IZI dengan berbagai program yang mereka kelola, dengan begitu, Masjid Makmur, Amanah Tersalurkan, dan Jamaah menjadi Berkah." Jelas Farid Airlangga dihadapan peserta.

Tidak luput IZI pun memberikan materi mengenai Manajemen Pemberdayaan Zakat oleh Rohandi selaku Manajer Pembinaan Mustahik IZI.

Dalam rangakaian agenda tersebut, sebelum acara ditutup, IZI kembali memaparkan beberapa hal dengan Materi Edukasi Zakat melalui Aplikasi dan Website Zakatpedia, serta mengajak para peserta untuk menikmati Permainan Edukatif Zakat Game dari IZI.(arn/Ricky)