JAKARTA - Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Insiatif Zakat Indonesia (IZI) luncurkan berbagai program yang akan dihadirkan pada Ramadhan mendatang. Salah satunya adalah Program, Booking Berkah Ramadhan.

Direktur Edukasi dan Kemitraan Zakat IZI, Rully Barlian Thamrin menjelaskan, program Booking Berkah Ramadhan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih awal bagi para Muzaki, untuk dapat memberikan manfaatnya lebih awal, khususnya pada daerah yang berkategori Terluar, Termiskin, dan Tertinggal (3T), agar jangan sampai ketinggalan pada momentum Ramadhan," ujarnya dalam acara peluncuran program Booking Berkah Ramadhan di Area Food Festival Condet Batu Ampar Jakarta Timur, Senin malam (19/3).

Rully menambahkan, melalui program Booking Berkah Ramadhan ini, IZI mengajak kepada masyarakat untuk dapat mulai memburu program-program bantuan pada fakir miskin. Pemberi zakat dapat dengan mudah memesan paket zakat, seperti paket Iftar, zakat Fitrah, Paket Ramadhan, Sembako, dan Paket Dai Ramadhan, baik melalui online maupun langsung ke petugas kami yang ada di pusat maupun cabang," tambahnya.

Untuk memesan secara online lanjut Rully, calon pemberi zakat dapat mengakses situs melalui www.zakatpedia.com. Calon pemberi kemudian dapat memilih paket-paket apa saja yang diinginkan. IZI mentargetkan akan menyalurkan sebanyak 73.231 orang penerima zakat atau mustahik yang ada di beberapa titik wilayah."Kami menyediakan 21 wiayah/titik nasional, tiga diantaranya adalah terletak di wilayah 3T , yaitu daerah Nunukan, Sorong Papua dan di Singkawang Kalimantan Barat, selebihnya tersebar di wilayah kantor perwakilan IZI.

Dalam situs tersebut akan terlampir nama daerah-daerah yang menjadi target pemberian zakat, masing-masing paket memiliki nilai berbeda dan juga kuota yang berbeda. Lalu calon pemberi akan diminta membayar nominal sejumlah banyaknya paket yang di pesan. Nantinya, paket-paket tersebut akan didistribusikan kepada kaum yang membutuhkan," lanjutnya.

Rully berharap, dengan program ini mudah - mudahan kita dapat memberikan semangat serta menyemangatkan kita untuk menyebarkan pemberi manfaat kepada masyarakat terus menerus," harapnya.

Sementara Manajer Pendayagunaan IZI - Haryono, menambahkan, untuk mendukung para muzaki untuk bisa lebih dini memberikan donasinya, kita menyiapkan profil wilayah. "Kita survai lebih awal dari masyarakat di 21 titik tersebut kemudian kita siapkan data data yang dibutuhkan dan angka angka yang menjadi kuota di masing masing kampung ramadhan. Sehingga dengan booking ini masyarakat bisa menjadi jelas donaturnya," tambahnya.

Program ini bervariasi, kalau masyarakat mau berdonasi ke zakat fitrah, masyarakat masih bisa berdonasi di bulan ramadhan yang akan kita salurkan di akhir bulan ramadhan. Tapi kalau untuk paket ramadhan masyarakat bisa berdonasi dari sekarang, karena memang target kita adalah memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah kampung ramadhan sejak awal.

Pada bulan Ramadhan tahun 2017, IZI telah menyalurkan berbagai program paket Ramadhan oleh 1000 Agen Kebaikan Ramadhan. Dengan penyaluran paket yang berisi sembako kala itu sengaja dilakukan agar para Dhuafa fokus jalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Dengan tagline "Siapkan, Sediakan, dan Salurkan", IZI menyediakan berbagai pilihan booking Ramadhan meliputi Paket Ramadhan untuk Keluarga Dhuafa, program Booking Dai Ramadhan, paket Berbuka Puasa hingga Paket Zakat Fitrah. Kesemua program tersebut dapat dibooking mulai saat ini.

Mengenai penerima asnaf zakat sendiri meliputi beberapa hal seperti kaum Fakir dan Miskin, Amil (Pengelola Zakat), Muallaf, Para Budak, Gharimin (Orang yang terlilit hutang), Fii Sabilillah, dan Ibnu Sabil.(arn)