BALIKPAPAN - Bertempat di Masjid Agung At Taqwa Klandasan, LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) peringati Isra Miraj dengan mengundang 400 Santri Taman Pendidikan al Quran (TPQ) dan Pendongeng "Kak Bimo", seorang Master Dongeng Indonesia dari Yogjakarta.

Program tersebut merupakan salah satu cara IZI mengenalkan anak-anak mengenai hikmah di balik peringatan Isra Miraj. Acara ini sekaligus sebagai ajang silatuhrahim 6 TPQ Binaan IZI bersama Badan Dakwah Islamiyyah (BDI) PT. Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan total santri sebanyak 400 anak.

Acara di buka oleh sambutan dari Plt. Walikota Balikpapan, Rahmad Masud. Dalam sambutannya dirinya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh IZI.

"Saya bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan TPQ Mendongeng ini. Semoga anak-anak bisa lebih mengenal dan bisa mengambil pelajaran dari peristiwa Isra Miraj yang di alami nabi Muhammad SAW. Dan kita doakan anak-anak yang berada disini kelak menjadi para penghafal al Quran." ungkap Rahmad ketika memberikan sambutan di salah satu TPQ IZI, Balikpapan pada Sabtu (14/4).

Senada dengan hal itu, Mukhlis Abror selaku Perwakilan Manajemen IZI Kaltim mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggara acara ini.

"Alhamdulillah, pada kesempatan hari ini bisa berkumpul bersama anak-anak ku yang sholeh dan sholeha. Acara ini terlaksana berkat kerjasama IZI dan BDI Pertamina Hulu Mahakam, yang mana IZI dipercaya untuk mengelola Dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) para Karyawan Pertamina Hulu Mahakam. Semoga para donatur senantiasa diberikan kelancaran rezeki dan kesehatan. Aamiin Ya Rabbal Alamin." ujar Mukhlis.

Secara simbolis pada acara ini diberikan penghargaan dan paket pendidikan kepada seluruh anak dari perwakilan setiap TPQ.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Mahyudi selaku Perwakilan BDI PHM dan Yusri selaku Perwakilan dari Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Kota Balikpapan.

Sebelum acara mendongeng dimulai, perwakilan TPQ menampilkan berbagai pertunjukkan seperti tarian kreasi, membaca puisi, berpidato, sambung ayat dan menyanyikan mars TPQ.

Dongeng kali ini menceritakan tentang kisah perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Penyampaian dongeng dari Kak Bimo yang ekpresif dan lucu tersebut menarik antuias anak-anak dan pengunjung yang hadir.(Ricky/arn)