Ket Foto : Business Development Manager Bandar Djakarta Group, Shandra, Jakarta (25/4/2018)


JAKARTA - Bandar Djakarta Restaurant merupakan restaurant khusus seafood yang memiliki konsep pasar ikan yang berada di kawasan pelesir terkenal Ancol, Jakarta. Di pasar ikan inilah Bandar Djakarta menyediakan berbagai jenis variant seafood yang dijamin kualitasnya karena seluruh seafood yang disediakan merupakan Live & Fresh Seafood.

Seperti di jelaskan oleh Business Development Manager Bandar Djakarta Group, Shandra bahwa kalau ada konsumen yang datang dapat langsung memilih sendiri jenis varian seafoodnya, berapa banyak yang ingin disantap serta jenis masakan yang sesuai selera, tentunya juga dengan harga yang terjangkau. Apalagi para pendirinya punya konsep bahwa Bandar Djakarta didirikan berdasarkan asas kekeluargaan, bukan profit semata. Para pemilik mengawali usaha ini dengan semangat dan fokus, termasuk fokus dalam menentukan tempat usaha . Mereka menyadari selain menentukan tempat usaha, kunci keberhasilan tetap berada pada pelayanan dan kualitas masakan.

Terus Berbenah dan Peduli

Shandra juga mengatakan, Bandar Jakarta di usia ke-16 tahun, restaurant yang bisa menampung hingga 1.000 orang ini terus berbenah dengan pelayanan terbaik untuk memuaskan pelanggan, Konsepnyapun tak melulu profit oriented tetapi juga punya ranah social untuk memberikan nilai lebih sebagai satu restoran yang modern. Bandar Djakarta memiliki area makan indoor dan outdoor yang cukup luas sehingga dapat menerima tamu dalam jumlah besar. Resturant ini juga menawarkan harga ekonomis dan terjangkau.

"Banyak cara dilakukan untuk memberikan nilai tambah tersebut, selain dengan memberikan diskon dan membentuk komunitas, Bandar Djakarta juga fokus kepada pelestarian hiu. Bekerja sama dengan WWF Indonesia, Bandar Djakarta membantu pelestarian hiu di Indonesia melalui program CSR "Save Our Shark".

Program ini sejatinya ingin mengajak semua orang untuk berkomitmen bersama dan ikut menjadi bagian dalam menjaga kesejahteraan populasi hiu. Mari wujudkan aksi "Save Our Shark" dengan membeli item seafood di Bandar Djakarta, dengan Saus Baru yakni, Coconut Sauce dan Durian Sauce maka akan ada yang disisihkan untuk program ini yang akan berakhir hingga Juni 2018 mendatang. “Melalui aksi nyata ini yang di mulai pada Maret 2018, kita berpartisi dan turut menyelamatkan populasi hiu di Indonesia,” jelas Shandar

Lebih lanjut Sandra mengatakan, oleh karena itu kepedulian Bandar Djakarta dengan program ini, salah satunya juga karena miris melihat fakta yang ada bahwa populasi hiu yang semakin berkurang karena diburu dan dikonsumsi karena dipercaya memberikan kekuatan dan dikonsumsi menjadi sup. Menurut data Bea dan Cukai, ekspor sirip hiu meningkat ke berbagai negara.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2016 lalu, Indonesia menyumbang 16,8% dari total tangkapan hiu di dunia, sehingga Indonesia bisa dikatakan yang terbesar di dunia. Bahkan menurut data FAO, Indonesia adalah urutan pertama dari 20 negara pemburu hiu, menyumbang 13% dari tangkapan hiu secara global, atau mencapai 100 ribu ton setiap tahun.

Sementara Menurut Ariyogagautama dari WWF, butuh kepedualian semua pihak untuk menghilangkan konsumsi sama sekali.”Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bandar Djakarta ini dengan mengajak kita untuk peduli akan kelangsungan hidup hiu. Karena kalua bukan kita siapa lagi yang akan pedulu kelangsungan hidup mereka,” ujar Ariyogautama.

Sigap Antisipasi Pasar

Kondisi pasar serta pertumbuhan ekonoomi di Indonesia sedikit banyak akan berpengaruh terhadap bisnis resto. Oleh karenanya pelaku bisnis yang terlibat di dalamnya harus sigap mengantisipasi kondisi tersebut. Banyak cara dilakukan untuk tetap eksis dan memberikan nilai tambah agar dapat memenangkan pasar di tengah persaingan pasar yang ketat.
Salah satu yang dilakukan adalah menjalankan program Social Responsibility yaitu Save Our Shark tersebut.

Selain itu tambah Shandra, juga mengatakan salah satu realisasi mengantisipasi pasar ini adalah dengan mendekatkan diri ke konsumen atau pelanggannya. “Kami sudah punya aplikasi khusus member yang bisa di download. Aplikasi ini akan sangat membantu kami untuklebih dengan pelanggan,” papar Shandra.

Bandar Djakarta menurut Shandra juga mengajak para members untuk makan bareng secara free di Bandar Djakarta. “Selain itu kami juga ajak para members ke berbagai event lainnya seperti menonton film bareng. Kami komitmen dengan menyediakan keanekaragaman jenis seafood yang segar dan berkualitas, Menyediakan keanekaragaman jenis Saus - saus, Memberikan Service Excelent, Memberikan kenyaman suasana (Live Music dan Kapasitas Besar) dan Memberikan harga yang terjangkau.

"Kami ingin semua pelanggan pulang dengan tersenyum," kata Sandra. Dengan semangat dan fokus pada kenyamanan konsumen, Bandar djakarta akan terus melakukan improvisasi sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung. Bahkan ke depan Bandar Dajakarta juga akan segera melebarkan sayapnya berbagai tempat yang potensial.(arn)