BOGOR - Mahasiswa Unhan dari Prodi Keamanan Maritim Fakultas Keamanan Nasional melaksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) ke Korea Selatan dipimpin oleh Brigadir Jenderal TNI Drs. Wibisono Poespitohadi, M.Sc, M.Si (Han) selaku Ketua Delegasi, tanggal 30 April s.d 4 Mei 2018.

KKLN yang dilaksanakan oleh 17 (tujuh belas) mahasiswa magister (S2) Prodi Keamanan Maritim Fakultas Keamanan Nasional (FKN) Unhan KKLN ke Korea Selatan ini diawali dengan kunjungan ke KBRI di Seoul dengan mengangkat tema “Relation between Indonesia - South Korea in Maritime Domain and Introduction of South Korea’s Maritime Issues”, bertempat di kantor Kedutaan RI di Seoul – Korea pada 30/04 dan diterima langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Drs. Umar Hadi M.A dengan didampingi Atase Pertahanan Kolonel Laut Oka Wirayuda.

Duta Besar RI di Seoul menyambut baik kegiatan KKLN ke Seoul dan menyampaikan beberapa isu dan kondisi terkini hubungan antara Korea Selatan-Korea Utara dan negara-negara tetangga yang berbatasan di semenanjung Korea, serta pengaruh yang ditimbulkan secara geopolitik, geoekonomi dan geostrategis di kawasan.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Duta Besar Indonesia, mahasiswa Unhan berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan antara lain mengenai ancaman – ancaman yang timbul di kawasan dan global sebagai dinamika yang terjadi dan bagaimana wujud kerjasama antar Negara (G to G) pemerintah Korea Selatan dan pemerintah Indonesia dalam mendukung program Presiden Jokowi, Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama di depan kantor Kedutaan RI di Seoul.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Korean Coast Guard dengan mengangkat tema “Role of Coast Guard in Protecting Maritime Border, particulary in dispute area” diterima oleh Commander of Central Regional Coast Guard (Incheon Region) Mr. Park Chan Hyun dan Senior Superintendent Mr. Jeong Tae Gyeong.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai tugas dan fungsi Coast Guard dalam menjaga keamanan dan keselamatan di perairan Korea Selatan oleh Mr. Lim Siyong selaku International Cooperation Bereau Asia/ The Pacific/ The Middle East/ Africa, acara dilanjutkan dengan peninjauan Coast Guard Command and Control System yang telah diaplikasikan oleh Korean Coast Guard dalam operasionalisasi pelaksanaan tugas dan fungsinya. Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi show room dan simulator room Korean Coast Guard dan foto bersama.

Pada kunjungan hari ke-2 pelaksanaan KKLN ini, mahasiswa Unhan Prodi KM melanjutkan kunjungan ke Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). dengan mengangkat tema “Role of Shipbuilding Industry in National Maritime Defense”, bertempat di kantor DSME Nandaemun-ro Jung-gu, Seoul Korea rombongan diterima dan disambut baik oleh DSME General Manager Naval & Special Ship Marketing Dept Mr. Kevin S.K Yoon dan Deputy General Manager Mr. Ki Seong Hong.

Dalam paparan DSME General Manager Naval & Special Ship Marketing Dept, menjelaskan mengenai profil Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering. Beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa Unhan antara lain berkaitan dengan strategi yang dilaksanakan oleh DSME sebagai sebuah perusahaan maritim sehingga mampu berkembang dan maju dalam persaingan global antara galangan baik lokal dan global, serata dukungan timbal balik antara DSME dan pemerintah serta lembaga pendidikan untuk mengembangkan teknologi terkini dalam rangka mendukung pertahanan dan keamanan negara khususnya di bidang kemaritiman. Acara diakhiri dengan kegiatan foto bersama di depan kantor DSME Nandaemun-ro Jung-gu, Seoul.


Disela-sela padatnya kegiatan, mahasiswa Unhan dan rombongan Unhan berkesempatan melasanakan Culture Visit ke National Gingseng Outlet dan Korea House. Wawasan bagaimana Korea Selatan menjadi negara penghasil ginseng terbaik kualitas dunia sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan dunia untuk berkunjung ke Korea Selatan.

Kegiatan KKLN Mahasiswa Prodi KM FKN Unhan, hari terakhir 3 Mei 2018 adalah melaksanakan kunjungan ke Korean National Defence University (KNDU) dengan Tema “Contribution of KNDU in making of maritime border policy”, yang ditema dengan sangat baik oleh Presiden KNDU Lieutenant General Kim Hae Suk.

Dalam kegiatan ini mahasiswa diarahkan menuju museum KNDU museum untuk melihat sejarah berdirinya KNDU hingga perkembangannya hingga saat ini. Mahasiswa Unhan juga mendapatkan pemaparan dari Prof. Kyengho Son.

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan perbandingan kondisi kedua negara di Semenanjung Korea (Korea Selatan dan Korea Utara) dan hal-hal yang terjadi dalam beberapa waktu ini yaitu adanya pertemuan kepala negara yang membahas tentang perdamaian Korea dan denuklirisasi di semenanjung Korea.

Kegiatan KKLN Mahasiswa Unhan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Dalam diskusi tersebut disampaikan beberapa pertanyaan dari mahasiswa antara lain bagaimana peran dan kontribusi KNDU dalam pembuatan kebijakan pertahanan di Korea Selatan dan khususnya dalam keamanan maritim.

KKLN Ke-17 mahasiswa Unhan Prodi KM ke Korsel, selain dipimpin oleh Ketua Delegasi Brigadir Jenderal TNI Drs. Wibisono Poespitohadi, M.Sc, M.Si (Han) juga didampingi oleh Sesprodi Keamanan Maritim Kolone Laut Purwanto, S.E, M.M. M.Si (Han) serta beberapa dosen diantaranya Lakda TNI (Purn) Ir. Budiman Djoko Said, M.M, Kolonel Laut Christen, Kolonel Gregorius Henu, M,Si (Han) dan Kabag Humas Unhan S. Murtiana S.Sos, M.M serta Mayor Bambang Susilo. (Clr).(arn)