JAKARTA - Ribuan prajurit Korps Marinir yang terdiri dari perwakilan seluruh satuan yang ada di Jakarta, secara resmi melepas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP., dalam sebuah acara tradisi khas Marinir di Bhumi Marinir Cilandak, Senin (14/5/2018).

Acara tradisi Korps Marinir tersebut diselenggarakan dalam rangka memberikan penghormatan dan penghargaan terakhir Korps Marinir kepada orang nomor satu di jajaran TNI AL itu yang direncanakan dalam waktu dekat akan mengakhiri masa pengabdiannya di lingkungan TNI AL.

Acara tradisi dimulai dari depan Monumen Jasawira Perkasa. Kasal dan Ny. Ade Supandi dengan menaiki tank BTR-4 M yang berjalan lambat, melewati gapura kendaraan-kendaraan tempur yang dikawal ratusan Marinir di sisi kanan kirinya.

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) dan Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Alike Bambang Suswantono beserta para pejabat utama Mabesal dan Korps Marinir mengikuti di belakang Kasal dengan berjalan kaki. Selanjutnya di belakang rombongan para pejabat ini, terdapat rombongan Marine Junior Sillent Drill di susul oleh rombongan pasukan khusus dan ratusan prajurit Marinir yang secara perlahan-lahan mengikuti rombongan di depannya.

Selama perjalanan melewati gapura kendaraan tempur dan gapura prajurit, Kasal dan Ny. Ade Supandi dengan penuh bangga disertai keharuan melambaikan tangan kepada ribuan prajurit Marinir yang berbaris rapi di kanan kiri jalanan dari lapangan apel hingga gerbang pintu keluar kesatrian Marinir Hartono Cilandak yang menjadi akhir dari acara tradisi khas Korps Marinir ini.(arn)