SENTUL - Pentingnya "Peran TNI Angkatan Laut Dalam Menjaga Stabilitas Keamanan Maritim, Keamanan maritim Indonesia dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi lingkungan maritim yang bebas dari berbagai ancaman terhadap kedaulatan wilayah Indonesia dan penegakan hukum nasional dan internasional yang bertujuan menjamin terwujudnya kepentingan nasional Indonesia,” demikian paparan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P dalam memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Universitas Pertahanan di Gedung Auditorium Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor, Selasa(15/5).

Kehadiran Kasal, disambut oleh Rektor Universitas Pertahanan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A serta ratusan Mahasiswa Universitas Pertahanan yang sedang menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana (S2). Para Mahasiswa Unhan sangat Antusias sekali dalam menerima kuliah umum yang diberikan Kasal, hal ini terlihat pada seksi diskusi dan tanya jawab.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan bahwa keamanan maritim memerlukan kontribusi semua komponen khususnya institusi-institusi penegak hukum. TNI Angkatan Laut sebagai salah satu komponen pertahanan negara memiliki peran yang vital untuk mewujudkan kondisi keamanan maritim tersebut melalui implementasi tugas dan peran yang telah digariskan oleh pemerintah dan pimpinan TNI.

Diakhir pembekalannya kepada mahasiswa Program Pasca Sarjana Unhan ini, Kasal menegaskan bahwa pertahanan dan keamanan maritim nasional untuk menjaga stabilitas keamanan maritim merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, baik TNI atau TNI AL, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun masyarakat umum terutama yang bergerak di bidang maritim.

Sementara pada kesempatan ini, Rektor Unhan mengucapkan terima kasih kepada Kasal atas kesediaannya memberikan ilmu kepada mahasiswa Unhan. Seusai memberikan kuliah umum dilaksanakan pertukaran cindera mata antara Kasal dengan Rektor Unhan yang disaksikan oleh Aspotmar Kasal Laksda TNI Edi Sucipto., S.E., M.M, Kadislitbangal Laksma TNI Moelyanto, M.Si (Han), Kadisdikal Laksma TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., M.Tr.(Han), Kadispenal Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud., serta seluruh mahasiswa Universitas Pertahanan.(arn)