JAKARTA - Pangkalaan TNI AU Halim Perdanakusuma memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-110, di Apron Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (21/05). Upacara diikuti oleh seluruh anggota Lanud Halim Perdanakusuma dan satuan TNI AU yang ada di sekitar Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Komandan Wing 1 Paskhas Kolonel Pas Visnu H selaku Inspektur upacara, disampaikan bahwa, “Jika membedah dari kelahirannya, Boedi Oetomo adalah organisasi pribumi yang bicara tentang persatuan dan kesatuan.

Meskipun ketika pertama kali berdiri, Boedi Oetomo belum menyasar ide nasionalisme secara keseluruhan, namun semangat untuk bersatu menjadi pemicu lahirnya organisasi tersebut”.

“Kebangkitan benih-benih semangat nasionalisme ketika itu ditandai dengan munculnya kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menjadi maju dan berdaulat, serta membebaskan diri dari belenggu bangsa lain, walaupun konteksnya masih sangat terbatas”, lanjutnya.

“Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan”, tambah Menkoinfo RI.

Diakhir sambutannya Menkoinfo RI menyampaikan, “Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersamasama dalam kerangka kebangsaan Indonesia”. Peringatan Harkitnas tahun ini mengambil tema “PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA DALAM ERA DIGITAL”.