BEKASI - Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M tepatnya di hari kelima pasca lebaran, Prajurit dan Persit Kartika Chandra Kirana Koramil 01/Kranji, guyub dengan para petani melakukan panen Padi Ciherang di sawah seluas 3 Ha yang berada di RT.05 RW.09 Kel. Kali Baru, Kec. Medan Satria, Kota Bekasi Jawa Barat, Kamis (21/6/18).

Danramil 01/Kranji Kodim 0507/Bekasi Mayor Inf Rahmat Triono menyampaikan bahwa panen padi rutin dilakukan setiap tahun, bahkan Danramil menambahkan bahwa dalam satu tahun bisa tiga kali panen yaitu per tiga bulan yang hasilnya selalu meningkat.

"Program ketahanan pangan untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah mencapai swasembada ketahanan pangan nasional (NAWACITA) yang terus menerus ditingkatkan dengan mengoptimalkan peran Babinsa dalam pendampingan kepada kelompok tani dan masyarkat dengan memberikan motivasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas panen padi yang kali ini sangat berkualitas, Insya Allah mendapat hasil 25 Ton beras," ujarnya.

Mayor Inf Rahmat Triono juga mengatakan bahwa peran Babinsa di sawah masih sangat dibutuhkan dan ini sebagai wujud keseriusan Babinsa membantu petani untuk meningkatkan taraf hidup petani dan mendukung program ketahanan pangan yang telah dibuktikan dengan peningkatan hasil panen padi di wilayah Koramil Kranji.

"Masyarakat kini dapat merasakan hasilnya setelah Babinsa turun ke sawah seperti pada panen padi kali ini. Hal ini merupakan bukti hasil kerja keras para petani binaan Koramil 01/Kranji dan Babinsa Pendamping Pertanian yang berada di lapangan yang selalu kompak mengatasi hambatan dan kendala di lapangan seperti cuaca, serangan hama tikus dan ternak yang berkeliaran karena tidak adanya pagar pembatas tanaman," lanjut Danramil.

Berkat peningkatan hasil panen ini, para petani sangat berterima kasih kepada jajaran Koramil 01/Kranji dan bersyukur kepada Tuhan YME.

Sejauh ini, dibawah pendampingan Danramil dan Babinsa Koramil 01/Kranji sejak tahap pengolahan lahan, pembenihan, penanaman, perawatan hingga saat panen, telah meningkatkan hasil panen yang menjadi "pembius" masyarakat terutama petani untuk lebih bersemangat mewujudkan swasembada pangan.

Selain Danramil, turut serta dalam panen padi tersebut Batuud Pelda Susul Budianto, para Babinsa, Ketua Persit KCK Cabang 2 Koramil 01/Kranji beserta pengurus dan Ketua Kelompok Tani Bapak Katin beserta para petani.