JAKARTA Persiapan dalam menghadapi Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan terus dilakukan. Perhelatan Asian Games 2018 secara resmi akan berlangsung sejak 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Dendi T Daniyanto selaku Wasekjen Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan secara optimal segala sarana dan prasarana demi memberikan yang terbaik kepada para kontingen luar negeri maupun dalam negeri.

"Saat ini pemerintah telah mewujudkan secara nyata dengan kesiapan secara keseluruhan baik di wilayah DKI Jakarta maupun Palembang, Sumatera Selatan. Semua pihak telah berperan dalam mendukung kegiatan tersebut, begitu pula pemerintah telah mempercayakan keterlibatan TNI-Polri dalam kegiatan Asian Games 2018," jelas Dendi pada acara Apel Kesiapan Satgaskes TNI Asian Games di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/8).

Lebih lanjut menurut Dendi, kesehatan sangat penting dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Hal itu untuk memberi pertolongan kepada para atlet yang bermasalah saat bertanding.

"Yang dipersiapkan dukungannya dalam upaya mengantisipasi kejadian-kejadian yang membutuhkan tindakan dan penanganan medis secara cepat dan akurat dengan menggunakan peralatan yang sesuai prosedur kegawatdaruratan yang ada," ujarnya.

Sementata pada apel kesiapan Satgaskes Asian Games 2018, TNI-Polri, mengerahkan personel-personel kesehatan yang telah teruji dan juga dilengkapi dengan aramada, ambulans darat, udara , berbagai tipe yang selalu siap melaksanakan evakuasi di berbagai medan yang ada.

"Dengan kesiapan kita hari ini, maka kita telah menunjukkan kepada negara-negara kawasan Asia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 yang baik," ujarnya menambahkan.

Kesuksesan Asian Games 2018 ini, menurut Dendi tak lepas dari unsur kepemerintahan dan semangat, loyalitas serta sinergitas masyarakat dengan TNI-Polri.

"Semangat dan loyalitas kita semua sinergitas TNI Polri yang hari ini kita tunjukkan dengan pengerahan personel kesehatan, baik kesehatan dari TNI AD, AL, AU maupun kesehatan kepolisian merupakan hal yang luar biasa menjadi contoh bagi kita semua dalam turut serta menyukseskan Asian Games 2018," tutup Dendi.(arn)