BISNISREVIEW.COM, JAKARTA -- Perkembangan teknologi yang semakin melesat maju, oleh karena itu BNI Syariah terus berinovasi untuk meningkatkan layanannya. Salah satunya bekerja sama dengan perusahaan rintisan teknologi digital (start up).

Wahyu Avianto selaku SEVP Keuangan dan Operasional BNI Syariah, menyatakan, perkembangan dunia digital tidak bisa dihindari. "Kita mendigitalkan aktivitas-aktivitas yang selama ini dilakukan secara manual," katanya, di JCC, Jakarta, Minggu (23/9/2018).

BNI Syariah, menurutnya sudah membentuk Digital Business Unit untuk memasuki era dunia digital. Salah satu visinya adalah menggandeng start up untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

Dalam acara BNI Syariah International Expo 2018, BNI Syariah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan tiga perusahaan start up yakni Waqara, Itqon, dan UstadzQu.

Kerja sama tersebut ditandatangani oleh SEVP Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto, dengan Direktur Utama PT Idekreatif Menusa Teknologi, Setyagus Sucipto, dan Direktur PT Sajadah Teknosoft Media, Yoga Rifai Hamzah, dan Direktur PT Idekreasi Menusa Teknologi, Dino Patti Djalal, dan disaksikan oleh General Manager Divisi Bisnis Digital BNI Syariah, Amirul Wicaksono.

Lebih lanjut Wahyu menyatakan, hingga saat ini BNI Syariah sudah menjalin kerja sama dengan 20 perusahaan start up. "Ini akan terus bertambah ke depannya," sambungnya.

Selain itu, BNI Syariah sudah membentuk unit khusus untuk proses digital. Menurutnya, ketiga aplikasi tersebut erat kaitannya dengan ibadah umroh dan haji. Hal ini akan semakin meningkatkan jumlah jamaah umroh yang saat ini mencapai 850 ribu per tahun.

"Dengan aplikasi yang kita kembangakan bisa bergerak dari 10 persen sampai 50 persen jamaah yang terkoneksi dengan digital," tambahnya.

Sementara Direktur PT Idekreasi Menusa Teknologi, Dino Patti Djalal, yang juga CEO Waqara menambahkan, pihaknya ingin melahirkan aplikasi yang membuat jamaah merasa aman dan terjamin dalam beribadah umroh. Mengingat belakangan banyak kasus penipuan yang dilakukan agen travel umroh.(arn)