BISNISREVIEW.COM, JAKARTA -- PT Multi Ocean Shipyard (PT MOS) bakal melakukan serah terima dua kapal tanker pesanan PT Pertamina (Persero) dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini diungkapkan Ketua Koordinator Nasional BPAN-LAI, Syarizal, setelah meninjau pembuatan kapal tersebut di galangan kapal PT MOS, di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.







“Secara fisik dua kapal tanker pesanan Pertamina tersebut telah selesai. Mudah-mudahan bisa diserahterimakan secepatnya,” kata Syahrizal, Rabu (10/7).







Dia juga mengapresiasi langkah Pertamina yang memberikan kepercayaan dan kesempatan pada perusahaan galangan kapal nasional tersebut untuk membuat kapal mereka.







"Kami juga mendukung langkah Pertamina memberi kesempatan pada PT MOS untuk menuntaskan pengerjaan dua kapal tersebut," tambahnya.







Sementara terkait mengenai adanya keterlambatan delivery kapal yang sempat dikritisinya beberapa waktu lalu, Syahrizal mengungkapkan bahwa secara umum yang paling terkena imbasnya adalah galangan kapal sendiri.







"Karena, selain harus menanggung biaya overhead, pekerja, dan modal kerja yang terus bertambah seiring waktu perpanjangan, mereka juga umumnya dikenakan denda yang cukup besar," tandas dia.(arn)