BISNISREVIEW.COM-Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun yang I, Emak-Emak Semok Pejuang Andalan Sejati (ESPAS) menggelar acara syukuran di rumah kediaman Ibu Bidan Gunarti, Jalan Swadaya Raya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (7/9/2019).


Acara yang digelar ESPAS Komunitas ini dihadiri Pengurus ESPAS se-Jabotabek. Hal ini dilakukan untuk memperkuat tali silaturahmi antara anggota ESPAS, utamanya yang berdomisili di Jabotabek.


Ketua Umum ESPAS, Dewi Herawati mengatakan, perayaan HUT ESPAS Ke I ini merupakan wujud rasa syukur Emak-Emak ESPAS Komunitas.


"Kami merasa syukur kepada Allah SWT, karena bisa melewati satu tahun, meski banyak halangan dan tantangan dan dinamika politik pemilu 2019. Namun kami masih utuh dan solid dalam menjalankan roda organisasi," ujar Dewi Herawati saat berbincang-bincang dengan BISNISREVIEW.COM di lokasi acara, Jalan Swadaya Raya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (7/9/2019).


Menurut dia, acara tersebut sejatinya dihelat tanggal 27 Agustus sesui tanggal lahirnya yakni 17 Agustus 2018, namun waktunya berbarengan dengan acara teman-teman yang lain sehingga HUT ESPAS baru dirayakan hari ini.


"Karena emak-emak juga sibuk dan saya pada waktu itu berada di rumah Rahmawati Soekarno Putri, maka acaranya diundur hingga hari ini baru terealisasi," jelasnya.


Lebih lanjut, orang nomor satu di ESPAS menuturkan, bahwa organisasinya kini mulai bergerak di bidang ekonomi dan bisnis.


"Jadi kami tidak hanya bergerak di bidang politik semata. Tapi, kami akan bergerak di semua bidang. Nah, di bidang ekonomi ini kami sudah memproduksi beberapa produk seperti sabun cuci piring, gula yang cocok bagi penderita diabetes, ikan, tri dan masih banyak produk lain yang akan kami pasarkan.


Dewi menilai, produk yang diproduksi tersebut menjadi hasil karya emak-emak yang perlu diapresiasi. Agar tumbuh menjadi sebuah Usaha yang dapat menambah pendapatan emak-emak.


"Produk pengrajin emak-emak ESPAS ini awalnya terinspirasi dari emak-emak yang bergerak di UMKM, makanya kami rekrut mereka dalam satu produksi yang berlabel produk ESPAS. Meski dengan dana awal Rp. 1 juta, namun semangat emak-emak yang memiliki militansi tinggi ini dapat bergetar terus dan hasilnya hari ini kami launching untuk seluruh Indonesia," pungkasnya. (Arum)