Bisnisreview.com -- Disela padatnya kegiatan, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menyempatkan menerima langsung Tim Penilai Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik di kantornya, Jum'at (13/9/2019) di Jakarta.







"Hadirnya semua pejabat dan perangkat PPID di BKP, ini menunjukan bahwa kami mempunyai komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi publik," ujar Agung saat menerima Tim Visitasi yang diketuai Tya Tirta Sari (Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat).







Selain Tya, Tim visitasi lainnya adalah, J. Kristiadi (CSIS), Zaim Uchrowi (Dewan Redaksi Agronet, Astrid Debora (Indonesian Center for Environmental Law/anggota Fol Network) 


dan PPID Utama Kementan Komarudin.







Ditambahkan Agung, dalam memberikan pelayanan informasi publik, pihaknya telah mengikuti regulasi yang dikeluarkan Kementan sebagai PPID Utama, dan juga  regulasi internal berupa surat keputusan, dan berbagai Tim untuk memperkuat PPID BKP.







"Selain itu juga kami lengkapi sarana dan prasarana seperti ruang khusus informasi publik, operation room, perpustakaan dan ruang arsip," tegas Agung yang juga mantan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan. 







Menurut Tya Tirta Sari, tujuan dilakukannya visitasi adalah untuk melihat langsung pelayanan dan keterbukaan informasi publik di suatu lembaga.







"Pemeringkatan keterbukaan informasi publik, hanya suatu bonus kepada lembaga yang benar-benar mempunyai komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan. Yang penting pelayanannya harus ditingkatkan," ujar Tya.







Setelah mendengarkan penjelasan langsung dari Agung, Tim diajak keruangan operation room untuk mendengar penjelasan program-program BKP.  Selanjutnya Tim dibawa ke desk informasi publik yang ada di lantai 6 gedung E Kementan.







"Wah.. ruangannya besar dan sangat bagus. Kami lihat PPID BKP sangat serius dalam memberikan pelayanan informasi publik," kesan J Kristiadi ketika sampai ke desk PPID.







Sekretaris BKP, Riwantoro, mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik.







Menurutnya, BKP sangat serius dalam memberikan pelayanan informasi publik, karena ketahanan pangan sangat penting dalam pembangunan nasional. 







"Dengan adanya kunjungan TIM dari KIP ini, tentu menambah semangat dan motivasi kami, untuk terus membenahi pelayanan informasi publik agar lebih baik lagi," ujar Riwantoro.(arn)