Bisnisreview.com, Monaco -- Dua Perwira Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal terpilih) sebagai pembicara pada kegiatan Joint IAG-IHO Advisory Board on the Law of the Sea -10th ABLOS Conference 2019 yang berlangsung di Monaco, baru-baru ini.



Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. menyampaikan, kedua perwira menengah Pushidrosal tersebut yakni Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana. P, S.H., sehari-hari menjabat sebagai Kepala Dinas Pemetaan dengan tulisan berjudul “Legal Status of the International Warships Wrecks in Indonesian Waters” dan Mayor Laut (KH) Sigit Sutadi Nugroho, S.H. sehari-hari menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Hukum Laut Internasional, Bagian Hukum Pushidrosal dengan tulisan berjudul “Delimitation of Internal Waters on Archipelagic States – Case Study Indonesia”.



“Paper dari Indonesia itu masuk dalam 25 yang terpilih untuk dipaparkan di forum tersebut, dari lebih dari 60 paper yg dikirimkan” kata Kapushidrosal.



ABLOS (Advisory Board on the Law of the Sea) merupakan salah satu Working Group yang beranggotakan para pakar hukum laut internasional yang berada di bawah Organisasi Hidrografi Dunia yakni International Hydrographic Organization (IHO). ABLOS bertujuan memberikan saran masukan, bimbingan teknis dan jika diperlukan dapat memberikan pendapat tentang aspek geografi dan atau geodesi serta ketentuan hukum laut kepada IHO dan negara anggota ABLOS lainnya.



“Selain itu, ABLOS juga melakukan tinjauan terhadap praktik-praktik negara dan yurisprudensi tentang permasalahan hukum laut yang relevan dengan tugas dan fungsi Dewan IHO sehingga berada dalam posisi untuk memberikan pendapat sebagai ahli ketika dibutuhkan. ABLOS akan mempelajari, mensosialisasikan, dan mendorong perkembangan teknik yang tepat dalam menerapkan ketentuan teknis yang terkandung dalam United Nation Conventions on the Law of the Sea (UNCLOS) dan menerbitkan  serta memperbaharui publikasi ABLOS” jelas Kapushidrosal.



Kegiatan ABLOS Conference merupakan pertemuan tahunan yang dihadiri oleh Sekertaris Jenderal IHO, Direktur IHO, dewan penasehat, perwakilan dari Anggota IHO dan perwakilan dari negara-negara anggota IHO. Pada tahun ini pelaksanakan konferensi ABLOS yang ke 10 bertempat di Negara Monaco pada tanggal 8 – 9 Oktober 2019, adapun tema yang diangkat adalah “Opportunities and Challenges in the Governance of the Planet Ocean”.



Bertindak sebagai Key Note Address adalah Prof. Dr Ronan Long – Director, WMU Sasakawa Global Ocean Institute, menyampaikan materi tentang The Draft Agreement on Marine Biodiversity beyond National Jurisdiction: New Opportunities and Challenges in Ocean Governance.(red)