Bisnisreview.com -- Pemeriksaan sebagai upaya pencegahan diri secara dini terkait penularan virus HIV/AIDS merupakan hal yang perlu dilakukan. Sehingga mendapat penanganan secara cepat dan tepat apabila terindikasi terkena HIV/AIDS.


Hal inilah yang mendasari tindakan yang dilakukan Rumah Sakit dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja melakukan pemeriksaan HIV/AIDS kepada seluruh personel Lanud Atang Sendjaja.  


Pemeriksaan HIV/AIDS dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit dr. M. Hassan Toto, dan diikuti seluruh personel Lanud Ats, baik Perwira, Bintara, Tamtama serta segenap Pegawai Negeri Sipil (PNS), Selasa (5/11). 


Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Eding Sungkana mengatakan, pemeriksaan HIV/AIDS ini sangat perlu dilakukan demi menjaga kesehatan para personel Lanud Ats. Dan menjauhkan mereka dari penyakit mematikan itu. 


"Tiap satuan kerja wajib mengikutkan seluruh personelnya untuk pemerikaaan HIV/AIDS, dan hal ini kami lakukan agar Lanud Ats bersih dari penyebaran penyakit itu. Selain itu, kami bisa melakukan tindakan pengobatan bila ada yang positif tertular HIV/AIDS," kata Marsma TNI Eding Sungkana. 


Sementara Kepala Rumah Sakit dr. M.Hassan Toto, Letkol Kes dr. Ngudiarto mengatakan,  pemeriksaan tersebut dimaksudkan untuk skrining personel Lanud Ats. "Pemeriksaan ini merupakan skrining untuk mengecek kalau-kalau ada anggota Lanud Ats yang terkena HIV/AIDS,"ucap Karumkit.


Tujuannya agar apabila ada yang terinfeksi bisa dengan segera dilakukan tindakan pengobatan. "Harapannya mendapatkan anggota Lanud Ats yang sehat dan bebas dari HIV/AIDS," terang Letkol Kes dr. Ngudiarto.


"Pemeriksaan HIV/Aids, lanjutnya, dilaksanakan secara bertahap, menyesuaikan peralatan dan tenaga medis yang tersedia, dan telah dimulai sejak 30 Oktober 2019 dan akan berakhir pada tanggal 6 November 2019".