BISNISREVIEW.COM - Omnibus yang dirancang pemerintah Presiden Joko Widodo (Joko) adalah sebuah program yang akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.







Terkait itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya dan beberapa fraksi lain di DPR siap mengawal pembahasan Omnibus Law Rancangan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan RUU itu rampung dalam seratus hari kerja.







"Tentu dikawal, dan kami sendiri siap mengawal, kami siap mengawal dan ya teman-teman bukan cuma Gerindra," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Januari 2020. 







Beberapa fraksi, tambah dia, banyak fraksi siap mengawal pembahasan Omnibus Law untuk kepentingan masyarakat.







Dasco optimistis Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja itu bisa rampung dalam waktu yang ditargetkan Jokowi, asalkan semua pihak berkomitmen mengerjakannya. Selain membahas di parlemen, kata Dasco, DPR akan melakukan sosialisasi ke pelbagai pihak. 







"Sepanjang semua pihak beritikad baik dan sosialisasi yang baik dengan pihak-pihak terkait saya pikir apa yang disampaikan presiden itu bukan hal mustahil," ujarnya.







Menurut Dasco, sosialisasi juga harus digalakkan belajar dari pengalaman DPR sebelumnya. Pada periode 2014-2019, sejumlah RUU batal disahkan karena menuai kontroversi di masyarakat. Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja masuk dalam daftar program legislasi (Prolegnas) prioritas 2020. Presiden Jokowi dalam sejumlah kesempatan meminta agar RUU itu rampung dalam 100 hari. (AR)