JAKARTA - Kodiklatau menggelar rapat awal penyegaran menghadapi kegiatan gladi posko latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha 2018 mendatang di ruang rapat Surya darma Markas Kodiklatau Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Jumat (12/01). Komandan Kodiklatau Marsda TNI Chairil Anwar menyambut secara langsung kedatangan para peserta rapat ini dengan suasana penuh kehangatan.

Hadir dalam kegiatan ini Selain Marsda TNI Doni Ermawan T.MDS juga hadir Wadan Kodiklatau, Para Direktur Kodiklatau, para Perwira dari, Mabesau, Seskoau, Koopsau I, Koopsau II,Korps Paskhasau, Lanud Halim P, Lanud Supadio Pontianak, Lanud Iswahyudi, Lanud Atang Sanjaya, Lanud Makasar, para Danwing dan Komandan Sekkau. Rapat ini sebagai persiapan awal jika sewaktu-waktu ada perintah dari Komando atas untuk melaksanakan Latihan Angkasa Yudha tegas Wadan kodiklatau. Dikatakan lebih lanjut latihan Angkasa Yudha merupakan latihan puncak Angkatan Udara harus dipersiapkan dengan perencaan matang pungkasnya.

Sementara itu Marsda TNI Doni Ermawan T.MDS staf khusus Kasau menuturkan, penyegaran untuk menghadapi latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha 2018 sangat diperlukan terangnya. Dalam kegiatan latihan periode Angkasa Yudha 2018 mendatang pihaknya berharap ada komitmen kuat meningkatkan kualitas latihan untuk melaksanakan dengan metode dua pihak dikendalikan yang pada saat latihan periode sebelumnya belum pernah dilakukan selama ini.

Selain itu dalam mekanisme tahapan latihan juga akan diterapkan wargame dalam kegiatan gladi posko yang mendatang. Manfaat wargaming bagi dunia militer tidaklah di ragukan lagi, berbagai operasi militer selalu didahului oleh proses wargaming untuk memperkirakan permasalahan-permasalahan yang timbul.

"Agar hasil wargaming dapat mendekati kemungkinan yang akan terjadi, maka personil kunci dalam pelaksanaanya, haruslah orang mengusai bidangya dan dapat bertindak sesuai dengan institusi yang di perankan" jelasnya.(red)