JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) hari Selasa kemarin (15/5/2018) telah resmi mengumumkan bahwa awal puasa jatuh pada hari Kamis (17/5/2018).

Artinya, Rabu (16/5/2018) malam, seluruh umat Islam sudah mulai melaksanakan sholat tarawih hari pertama.

Antusiasme umat Islam menyambut Ramadhan tampak dalam pelaksanaan sholat tarawih di masjid-masjid. Begitu juga Di Masjid At-Taubah, yang berada di Cluster Bukit Alamanda, Citra Indah City, Bogor, Jawa Barat, warga masyarakat memadati Masjid.

"Malam ini dengan penuh rasa suka cita kita dipertemukan lagi dengan bulan yang sangat dinantikan umat Islam," kata Ahmad Roby selaku Ketua Dewan Kemakmuran (DKM) Masjid Al-Taubah Citra Indah City, Jonggol, Bogor.

Sejumlah persiapan fisik dan kegiatan telah disusun untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Roby menyatakan, selama beberapa pekan jelang Ramadhan, DKM Masjid Al Taubah telah melakukan proyek fisik berupa pembangunan dan renovasi masjid. Sejumlah sisi dinding di cat ulang. Hal itu dilakukan untuk menyambut Ramadhan dan memberikan kenyamanan bagi jamaah.

Pengurus masjid juga menambah beberapa unit pendingin ruangan di ruang utama masjid supaya lebih sejuk. Untuk menambah ilmu yang lebih luas dan pencerahan agama, Pengurus masjid juga mendatangkan ustad-ustad untuk kuliah tujuh menit (Kultum) saat sholat tarawih.

Shalat tarawih menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan. Hukum shalat tarawih sendiri adalah sunah muakad, dan bisa dilaksanakan secara sendiri maupun berjamaah di masjid. Tentu sayang jika melewatkan momentum sholat tarawih pertama. Padahal, banyak keutamaan yang diperoleh ketika melaksanakan shalat tarawih.

Shalat tarawih hari pertama adalah tanda bahwa keesokan harinya, umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan.(arn)