BISNISREVIEW.COM, JAKARTA -- Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi) gelar Talkshow "Pembinaan Umroh & Haji Khusus" serta Sosialisasi Koperasi Sapuhi Mekar Sukses, bertempat di Resto Aljazeerah Polonia, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Talkshow ini menghadirkan, H. M. Arfi Hatim ,M.Ag selaku Direktur Bina Umroh & Haji Khusus Kementerian Agama RI, serta dihadiri oleh Ketua Umum Sapuhi, H. Syam Resfiadi, Ketua Koperasi Sapuhi Mekar Sukses, H. Sofyan, para pengurus Sapuhi, para Pengurus Koperasi, serta para tamu undangan.

Ketua Umum Sapuhi, Syam Resfiadi dalam sambutannya mengatakan, acara ini sudah rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

"Tahun lalu sejarah deklarasi Sapuhi juga dilaksanakan ditempat yang sama yang dihadiri oleh lebih dari total anggota yang hadir, dan berhasil mengubah nama organisasi baru ini," ujarnya.

"Syam meyakini bahwa, program umroh ditahun ini akan lebih baik dibanding tahun lalu," tambahnya.

Saat ini ungkap Syam, Sapuhi belum dapat berjalan lebih baik jika dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Dikarenakan koperasi Sapuhi sedang dalam proses, dan Alhamdulillah sampai saat ini Koperasi sudah legal. "Kita menunggu langkah langkah kedepan," ungkapnya.

Syam berharap umroh tahun depan koperasi kita sudah berjalan dengan lancar," harapnya.

Direktur Bina Umroh Dan Haji Khusus Kementerian Agama RI, H. M. Arfi Hatim ,M.Ag dalam paparannya memaparkan, bagaimana memberikan perlindungan kepada jamaah dan juga memberikan perlindungan kepada PPU dan KIHK.

Jemaah adalah menjadi perspektif pada kebijakan. "Jadi apapun persoalan yang menimpa Jemaah mau tidak mau pemerintah tentu akan memberikan solusi jalan keluarnya," paparnya.

Sementara Ketua Koperasi Sapuhi Mekar Sukses, H. Sofyan mebambahkan, Koperasi Sapuhi didirikan sejak satu tahun lalu, tepatnya pada tanggal 6 Agustus 2019.

Koperasi Sapuhi secepat kilat telah mendapat pengesahan dari Kementerian Koperasi dan UKM. selanjutnya pada tanggal 30 Agustus 2019 Koperasi Sapuhi ini diresmikan.

"Jadi dalam satu bulan secara gerak cepat Koperasi Sapuhi Mekar Sukses sudah diresmikan," ujarnya.

Namun dirinya mengakui pada bulan Oktober terjadi sedikit polemik sehingga diputuskan mengadakan rapat anggota luar biasa, dan dibentuk pengurus baru periode 2018 sampai 2023.

Pada bulan april lalu Koperasi Sapuhi telah berhasil membuka blokir dari Departemen Koperasi, dan sekarang rekening Koperasi telah berjalan dengan baik.

Saat ini Koperasi Sapuhi mempunyai delapan produk yang sudah berjalan, setiap anggota yang mempunyai produk - produk ini akan tercatat kontribusinya di koperasi, sehingga akan mempunyai perhitungan di dalam sisa hasil koperasi," ungkapnya.(arn)