BISNISREVIEW.COM -- Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, S.H., M.H. memberi kuliah umum mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP)  Semarang, Senin (12/8/2019)

Sebelum Kuliah Umum, Kapushidrosal mengadakan kunjungan kehormatan ke Rektor Undip Semarang Prof.Dr. Yos Johan Utama,S.H.,M.Hum

Kegiatan yang di gelar di Gedung I Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip tersebut diikuti oleh lebih kurang 700 orang Mahasiswa baru FPIK Undip Semarang.

Dalam Sambutan pembukaannya,  oDekan FPIK Undip Semarang Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D.  menyampaikan bahwa kegiatan Kuliah Umum ini diselenggarakan dalam  rangka meningkatkan atmosfer Akademik, serta menambah pengkayaan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa baru FPIK TA. 2019   tentang peran strategis Pushidrosal di bidang pembangunan infrastruktur data-data kelautan dan Bela Negara.

“Saya sangat senang sekali dan bangga serta mengucapkan terimakasih kepada Kapushidrosal yang telah menyempatkan waktu untuk berbagi pengetahuan tentang hidrografi dan oseanografi serta Bela Negara.  Hal ini penting untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa ilmu hidrografi bukan sekedar menyajikan data-data dan peta laut, tapi memiliki andil besar dalam pembangunan perekonomian dan pertahanan negara” katanya.

Sementara itu, pada kuliah umum  tersebut Kapushidrosal memaparkan tentang peran Pushidrosal dalam mendukung kebijakan pemerintah di bidang  pengembangan data data Kelautan yang akurat. 

“Perairan Indonesia memiliki peran strategis dalam jalur lintasan perdagangan dunia.
Indonesia sangat istimewa dan memiliki nilai strategis di sektor perairan. Oleh karena itu, sebagai konsekuensinya, Indonesia harus memberikan jaminan keselamatan dan keamanan pelayaran. Bila konsekuensi ini kita penuhi dengan baik, maka akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan perekonomian Bangsa” Papar Kapushidrosal.

Hadir mendampingi Kapushudrosal dalam memberikan Kuliah umum  antara lain, Danlanal Semarang Kolonel Laut (P)  Musleh Yadi, Dirpotmar Pushidrosal Kolonel Laut (P)  Suhendro, S.Ap., M.Si (Han), Kasubdit Renpuanpotmar Ditpotmar Pushidrosal Letkol Laut (KH)  Muddan Zayadi,  S.Si.

Mengakhiri Kuliah umumnya Kapushidrosal memberikan kalimat penyemangat kepada Ratusan Mahasiswa Baru FPIK Undip Semarang. 

“Belajar yang baik,  Indonesia negara besar,  jangan berkecil hati Insya Allah dengan belajar dengan sungguh sungguh Allah SWT akan memberikan Posisi yang baik pula” Pungkasnya.

Usai pelaksanaan kuliah Umum dilaksanakan tukar menukar cindera mata dari Kapushidrosal kepada Dekan FPIK Undip, selanjutnya Kapushidrosal juga memberikan Peta NKRI dan buku buku tentang Hidrografi dan Oseanografi serta buletin Pushidrosal kepada Dekan FPIK Undip, dilanjutkan dengan Sesi Foto bersama..