Bisnisreview.com -- Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, masyarakat dan SMK 61melaksanakan penanaman mangrove untuk pelestarian ekosistem laut di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu.

Kegiatan ini digelar dalam rangka pelaksanaan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan dalam rangka peringatan HUT Ke-74 TNI. Pada saat bersamaan dilaksanakan kegiatan penanaman mangrove secara serentak di seluruh Indonesia,pada hari Senin tanggal 7 Oktober 2019. Acara kepedulian social dan menjaga lingkungan maritim ini dipusatkan di Ecowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara, serta dilaksanakan secara serentak di  74 Titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Penanaman pohon mangrove serentak ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau, serta mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI. Tema kegiatan yang diangkat yaitu “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita”

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Pushidrosval Kolonel Laut (P) Dr. Syahbudi Has antara lain mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terluas di dunia dengan luas sekitar antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar. Luas bakau di Indonesia mencapai 25 persen dari total luas mangrove di dunia, Namun sebagian kondisinya kritis. hutan mangrove memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir.

Penanaman bibit mangrove merupakan salah satu upaya melestarikan kawasan mangrove untuk menjaga kelestarian ekosistem laut, menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan semua habitat di hutan mangrove, sehingga ekosistem hutan mangrove ini bisa terjaga dengan baik dan akan berdampak baik pada lingkungan kawasan pesisir pantai.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad,M.Si yang turut hadir dalam acara tersebut, mengatakan bahwa  Pemerintah Kabupaten Kep Seribu sangat mendukung dan berterima kasih kepada TNI AL dalam hal ini Pushidrosal yang telah menyelenggarakan kegiatan penanaman mangrove ini. Selain itu kegiatan yang dilaksanakan sejalan dengan program kerja Pemerintah Kab. Kep Seribu.

Pulau Seribu memang kita harapkan menjadi kebanggaan kita semua dengan kelestarian alamnya serta kebersihan laut, pantai dan Pulaunya.

Sebagai salah satu tujuan wisata, pulau seribu juga dengan concern  pada kelestarian alam. Oleh karena itu semua kegiatan yang berupa kelestarian alam seperti penanaman Mangrove, transplasi karang, penanaman lamun, pelepasan tukik (anak penyu) serta aksi2 kebersihan, sangat digalakkan.(red)