Bisnisreview.com -- Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI RI) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat memberikan fasilitas kesehatan dan perawatan lanjut usia di Kabupaten Sampang.

Hal tersebut dibuktikan dengan launching penandatanganan kontrak fasilitas kesehatan dan perawatan lanjut usia berbasis wisata ekologi yang dilakukan antara Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI RI) selaku pelaksana program dengan kontraktor pelaksana untuk pembangunan wilayah Kabupaten Sampang di aula hotel Bahagia kota Sampang Sabtu (14/12/2019).


Dalam sambutannya, Presidium Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI RI) R.M Tri Harsono mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan perawatan lanjut usia di Kabupaten Sampang, sehingga mampu menjadi membuka pintu gerbang wisata khususnya di Kabupaten Sampang yang bisa dinikmati oleh masyarakat Nasional dan Internasional.

“Semoga program kerja yang terealisasi nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Sampang, salah satunya untuk bisa diperdayakan dan diperkerjakan di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk mensukseskan program kegiatan tersebut, pihaknya menggandeng sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, salah satunya DPMD, Dinas Kesehatan, dan tata ruang, sehingga dapat selaras dengan program pemerintah setempat, salah satunya yakni untuk menentukan titik-titik wisata yang perlu dibangun dan kearifan lokal untuk menggali potensi-potensi yang ada di Kabupaten Sampang.

“Ini perdana, karena yang lain ingin berlomba-lomba ingin cepat ingin menjadi percontohan,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala DPMD Abd. Malik Amrullah mengatakan bahwa program tersebut dalam waktu dekat akan menargetkan realisasi dua puluh persen dari target yang dicanangkan, salah satunya soal pembebasan tanah yang sudah selesai secara administrasi dengan target pembangunan secara bertahap.

"Realisasi desa percontohan diantaranya Desa Benjer Kecamatan Kedungdung, Desa Medupat Kecamatan Camplong, Desa Gunung Kesan Kecamatan Karang Penang,” katanya.

“Dengan pembangunan fasilitas kesehatan dan perawatan berbasis wisata, yakni rumah sakit yang multifungsi, sehingga dari berbagai negara bisa dirawat di Kabupaten Sampang sambil berwisata,” tambahnya.