Connect with us

Hospitality

Invest Islands Bantu Reboisasi Lombok Sebagai Bagian Dari Komitmen Jangka Panjang Demi Keberlanjutan Dan Kemasyarakatan

Bisnisreview.com, Jakarta — Lebih dari 18,000 pohon telah ditanam di seluruh pulau selama tiga tahun terakhir, sebagai bagian dari program kelompok lingkungan, pendidikan dan pembangunan guna memperbaiki kehidupan masyarakat di Lombok.

Invest Islands mengajarkan anak-anak setempat tentang bahayanya penebangan hutan di Indonesia

Lombok, Indonesia (23 November 2022): Invest Islands, perusahaan real estat terdepan di Lombok membantu memulihkan alam dan melestarikan lingkungan di Indonesia dengan proyek utamanya penanaman pohon di Lombok, sebagai bagian dari komitmen perusahaan yang sudah berlangsung sejak lama dan mendalam untuk sebuah keberlanjutan.

Diadakan pada 28 November 2022, Hari Menanam Pohon Indonesia adalah sebuah inisiasi nasional dan pelestarian lingkungan di Indonesia yang bertujuan untuk mengembalikan efek dari penebangan hutan di seluruh nusantara. Pembukaan hutan untuk pembangunan infrastruktur, industri dan agrikultur telah menyebabkan hilangnya 18 persen* dari wilayah pepohonan Indonesia sejak tahun 2000.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Indonesia mencanangkan kebijakan “Satu Orang Satu Pohon” (One Man One Tree – OMOT), dimana mengimbau masyarakat Indonesia untuk menanam setidaknya satu pohon.
Sebagai pelindung flora dan fauna dari penduduk lokal, Invest Islands akan hadir bersama anak-anak sekolah di Selatan Lombok, dekat dengan Mandala Eco-Village dan Gran Meliá Lombok, untuk menanam 1,000 pohon di sekitar teluk Torok.

Yang mana akan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya alam dan efek dari penebangan hutan. Sebuah upaya lanjutan dari penanaman 18,000 pohon di seluruh pulau sejak tahun 2020, sebagai kerjasama dengan organisasi lokal dan institusi pendidikan di berbagai wilayah, termasuk Torok, Montong, Ajan dan Desa Tumpak.

Kegiatan ini terbentuk sebagai bagian dari penyebarluasan program pendidikan dan pembangunan dari Invest Islands, dalam membantu membangun masa depan yang lebih cerah bagi anak muda di Lombok. Invest Islands akan segera menjalankan Yayasan Mandala dan Pusat Pendidikan Mandala, yang bertujuan untuk memperbaiki literasi dasar pada anak-anak di desa setempat.

Dan juga merencanakan untuk membangun Program Kepemimpinan Pemuda Lombok, yang akan membantu anak muda yang kurang mampu untuk menggali potensi dalam dirinya, serta Akademi Perhotelan yang akan membekali penduduk setempat keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan dalam sektor pariwisata dan perhotelan. Kedepannya, Akademi Berkelanjutan Mandala akan membantu menerapkan solusi terhadap kesulitan lingkungan dan sosial.

Tujuan jangka panjang Yayasan Mandala adalah untuk membangun Sekolah Mandala Ecovillage, sebuah sekolah dengan orientasi Internasional yang mengizinkan murid lokal bergabung bersama anak muda dari seluruh dunia.

Invest Islands juga mendanai kursus-kursus bagi anak-anak kurang mampu untuk mendapatkan beasiswa di universitas pariwisata di Lombok, dengan tujuan mempersiapkan murid-muridnya berkarir secara profesional di industri pariwisata di pulau Lombok itu sendiri, daripada mengejar pekerjaan di Bali atau Jakarta.

Sejak dibentuk, Yayasan Invest Islands telah mengembangkan seluruh rangkaian dari berbagai inisiatifnya, mencakup pendidikan, lapangan pekerjaan, permakultur, pengelolaan sampah dan masih banyak lagi, yang akan membantu untuk mewujudkan visi dalam melestarikan lingkungan, meningkatkan kesejahteraan, mendorong perubahan sosial yang positif, dan terakhir tentunya menciptakan dunia yang lebih baik.

Pada tahun ini Yayasan Invest Islands sudah melaksanakan “Hunger Prevention Program” Program Pencegahan Kelaparan, dengan memberikan dukungan finansial kepada 300 anak yatim dan terlantar, dan “Membina Perkumpulan Berbagai Pemangku Kepentingan untuk Program Pro Kemiskinan dan Pembangunan Peka Gender Rendah Karbon dan Ketahanan Iklim,” yang telah diberikan kepada 150 orang. Kedua inisiatif tersebut didanai oleh Yayasan Relief Islami Indonesia.

Serta telah dilakukannya “Program Operasi Katarak Gratis,” yang pendanaannya didukung penuh oleh Yayasan Fred Hollow dalam kerjasama dengan Rumah Sakit Mata NTB dan menyediakan perawatan mata kritis bagi 100 orang yang memiliki gangguan penglihatan di komunitas pedesaan terpencil.

“Di Invest Islands, kami mengerti bahwa kami harus bertanggung jawab untuk memperbaiki kehidupan masyarakat yang tinggal dimana kami beroperasi.

Bisnis kami memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan komunitas-komunitas kami; hanya dengan memberdayakan masyarakat lokal dan melestarikan lingkungan kami dapat memajukan kesejahteraan jangka panjang.

Kami menciptakan Yayasan Mandala dan Yayasan Invest Islands untuk memastikan bahwa semua aspek dari pembangunan kami diarahkan kepada pemberian manfaat sosial secara luas dan merata. Saat kami berkembang, komunitas-komunitas kami juga berkembang, dan penanaman 1,000 pohon baru di Lombok akan membantu seluruh pulau ini berkembang tumbuh subur,” kata Jack Brown, CEO & Co-founder dari Invest Islands.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Yayasan Invest Islands, bisa mengunjungi www.investislandsfoundation.org

(BR/Red)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hospitality