Connect with us

Politik

Minta Sumbar Dukung Negara Pancasila, Puan Maharani Menuai Kritik, Ketua DPD. Pekad IB Jakpus: Puan Harus Minta Maaf    

BISNISREVIEW.COM – Pernyataan Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani yang meminta Provinsi Sumatera Barat mendukung negara Pancasila menuai kritik dari masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat.

Ketua Ormas Dewan Pimpinan Daerah Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (DPD PEKAT IB) Jakarta Pusat sekaligus Pengurus di DPP Ikatan Keluarga Minang (DPP IKM) , Operudi Elka Putra meminta agar sebaiknya Puan Maharani segera meminta maaf kepada masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat.

“Kami masyarakat Minangkabau meminta kepada ibu Puan Maharani yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI, agar meminta maafkan kepada masyarakat Sumatera Barat umumnya. Sebab, penyataan ibu telah melukai hati masyarakat,” tegas Operudi kepada Bisnisreview.Com di Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Operudi menilai, tidak pantas bila seorang Puan Maharani melontarkan pernyataan bahwa Sumbar tidak Pancasilais. Padahal menurut Operudi, secara historis Minangkabau merupakan tulang punggung berdirinya negara Indonesia.

“Seharusnya sebagai seorang pejabat negara bisa bersikap bijak dan saantun dalam menyikapi situasi hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, jangan mengumbar perkataan yang menimbulkan pecah-bela antar sesama anak bangsa,” cetusnya.

Lebih lanjut, pemuda berdarah Minang ini mengatakan, sesuai adat dan aturan dalam budaya Minangkabau, Sumatera Barat, memiliki ada sopan santun yang begitu tinggi.

“Adat Minang yang dikenal dengan sebutan Adat Basandi, Syarak Basandi Kitaballah, ini merupakan dasar dan pedoman hidup masyarakat adat Minangkabau yang perlu diketahui,” tegasnya.

Apabila, sambung dia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kalah dalam perhelatan politik pemilu 2019, PDIP tidak mendapat kursi di Sumatera Barat, yang kemudian dijadikan sebagai alasan menyebut Sumbar tidak pancasilais.

“Jadi saya kira tidak perlu dikaitkan dengan politik, namun perlu dilihat dari historisnya dimana Sumatera Barat melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti Mohammad Hatta, Muhammad Yamin dan H Agus Salim. Bahkan Bung Hatta adalah salah seorang Proklamator,” paparnya. (Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik