Connect with us

Keamanan

Uji Kemampuan Tempur, Korem 174 Merauke Gelar latihan Uji Siap Tempur

Korem 174 Merauke Gelar latihan Uji Siap Tempur

Latihan ini bertujuan untuk menguji dan mengukur kemampuan tempur Satuan Tingkat Kompi dalam mengaplikasikan teknik dan taktik serta prosedur Tingkat Kompi sesuai ketentuan yang ditetapkan.

BISNISREVIEW.COM – Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira (Yonif 757/GV) adalah satuan tempur yang berada dibawah langsung Korem 174/ATW Merauke, yang selama ini selalu melaksanakan tugas operasi, sehingga dituntut memiliki kesiapan tempur yang optimal. Untuk itu, perlu adanya pembinaan kemampuan terhadap satuan tersebut melalui pembinaan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Guna memenuhi tuntutan tersebut, Korem 174 Merauke menggelar latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi Yonif 757/GV, yang resmi dibuka oleh Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko selaku Komandan Pelaksana Operasi (Dankolakops) Korem 174 Merauke juga sebagai  Danlat (Komandan Latihan) dalam kegiatan Latihan  UST Tingkat Kompi,  bertempat di Lapangan Kompi B Yonif 757/GV,Distrik Jagebob, Kab. Merauke, Papua, Selasa (17/11/2020).

Latihan UST Tingkat Kompi digelar selama tiga hari, mulai tanggal 17 s.d 19 November 2020, di daerah latihan Yonif 757/GV, Distrik Jagebob, Kab. Merauke.

Brigjen TNI Bangun Nawoko dalam amanatnya menyampaikan bahwa di masa sekarang ini, sebagai bagian dari TNI, wajib bertanggungjawab dalam memelihara dan meningkatkan profesionalisme diri prajurit guna menyongsong tuntutan tugas yang diberikan oleh satuan atas. “Perwujudan profesionalisme tersebut tentunya harus juga kita terapkan dalam setiap kegiatan, terutama dalam pelaksanaan latihan satuan,” ucapnya.

Latihan ini bertujuan untuk menguji dan mengukur kemampuan tempur Satuan Tingkat Kompi dalam mengaplikasikan teknik dan taktik serta prosedur Tingkat Kompi sesuai ketentuan yang ditetapkan.  “Lakukan latihan secara bersungguh-sungguh, sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan dan sasaran latihan yang telah ditentukan dalam direktif latihan,” kata Danrem.

“Lakukanlah Latihan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat serta pedomani referensi dan protap yang ada guna menjamin kualitas dan keamanan dalam pelaksanaan latihan. Penerapan tindakan keamanan dengan baik dan benar akan dapat mencegah dan meminimalisir kerugian personel maupun materiil dari kesalahan prosedur,” jelas Danrem.

Kiranya pelaksanaan latihan UST Tingkat Kompi ini dapat dilaksanakan secara berkualitas baik oleh penyelenggara, pelaku dan pendukung, sehingga tujuan dan sasarannya dapat tercapai secara maksimal.

Khusus kepada penyelenggara dan pendukung latihan kiranya dapat melaksanakan kegiatan ini sesuai peran dan tanggung jawab masing-masing. “Untuk itu, laksanakan penilaian se obyektif mungkin, sehingga pelaksanan UST Tingkat Kompi ini dapat memperoleh data otentik tentang kondisi nyata satuan yang sebenarnya,” kata Danrem.

Diakhir amanatnya, Danrem 174 Merauke mengingatkan serta menekankan kepada para unsur Komandan harus mengenal dan memahami betul anggotanya dengan menciptakan kekompakan dan semangat dalam berlatih. “Pelihara dan jaga nama baik satuan Yonif 757/GV dengan menunjukan prestasi prajurit Yonif 757/GV melalui latihan yang selama ini kalian lakukan, hindari segala bentuk pelanggaran, terutama selama pelaksanaan kegiatan di daerah latihan yang berdampak kepada citra satuan khususnya TNI AD,” tegasnya.

Hadir dalam pembukaan UST Tingkat Kompi yakni Kepala Seksi Operasi Korem 174/ATW Kolonel Inf Ferdinal Lubis, MPICT, Kepala Seksi Teritorial Korem 174/ATW Letkol Inf Ganiahardi, Dandenhubrem Letkol Chb. Heru, Perwira Seksi Logistik Korem 174/ATW Mayor Inf Abd. Rahim.

Usai kegiatan pembukaan, Danrem Merauke Brigjen Bangun Nawoko selaku Komandan Latihan  pada kegiatan UST Tingkat Kompi melaksanakan pengecekan langsung kesiapan para peserta latihan dan melakukan peninjauan pos Satgas  Pamtas Yonif 757/GV  di SP 2 Distrik Jagebob serta meninjau  di daerah latihan tentang pelaksanaan kegiatan latihan UST Tingkat  Kompi  Yonif 757/GV guna memastikan prosedur latihan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana latihan. (BR/Red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Keamanan