Connect with us

Keuangan

Wapres: Perlu Ada Peningkatan Pemahaman yang Baik Soal Ekonomi dan Keuangan Syariah

BISNISREVIEW.COM – Ekonomi syariah memang memiliki peran yang sangat signifikan, sehingga perlu dijaga dan ditingkatkan apalagi dimasa pandemi Covid-19 yang memporak-porakan ekonomi dunia termasuk Indonesia.

Sejalan dengan hal itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menekankan bahwa peningkatan pemahaman masyarakat yang baik atas ekonomi dan keuangan syariah akan sangat menentukan seberapa besar penerimaan sistem syariah di masyarakat. Bahkan, dukungan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah diwujudkan melalui Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNKS).

“KNKS bertugas mempercepat peluasan dan memajukan perkembangan keuangan syariah dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional,” uajar Wapres di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Ia meminta upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air. Karena, walaupun Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar, hal itu tidak dapat menjamin ekonomi dan keuangan syariah berkembang dengan sendirinya.

Menurut Wapres, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah masih perlu ditingkatkan. Sebagai contoh, Indeks Literasi Keuangan Syariah menurut laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019 baru mencapai 8,93%, sedangkan Indeks Inklusi Keuangan Syariah Nasional adalah 9,1%.

“Dengan indeks keuangan yang masih rendah memberikan kita peluang untuk melakukan perluasan layanan keuangan syariah khususnya menggunakan basis teknologi digital kepada seluruh lapisan masyarakat, utamanya kepada mereka yang sama sekali belum terhubung dengan sistem keuangan formal,” katanya. (Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Keuangan