Connect with us

Bisnis

Buka Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang, Pertamina Siap Menguasai Pasar LNG Internasional

Foto Ilustrasi

BISNISREVIEW.COM – PT Pertamina (Persero) dan raksasa kapal Jepang yakni Nippon Yusen Kaisha (NYK) bakal membuka peluang kerja sama baru. Hal tersebut diketahui setelah kedua pemimpin perusahaan melakukan pertemuan pada Kamis (22/2/2024) lalu di Grha Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan kolaborasi antara Pertamina, Pertamina International Shipping (PIS), dan Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK), sangat berharga. Karena itu, ia berharap bahwa komitmen pada perencanaan strategis yang telah disepakati dapat tetap terjaga.

“Kami sangat senang dengan kinerja PIS. Laba bersih meningkat hampir 50%. Kami percaya bahwa kita dapat melanjutkan peluang bisnis lainnya,” ujar Nicke dikutip dari akun instagram Pertamina, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Hadapi Tantangan Energi, Bos Pertamina Sebut Tiga Peran Penting Membentuk Lanskap Energi

Menurut dia, kedatangan CEO NYK, Takaya Soga ke Grha Pertamina merupakan momen penting untuk menjaga dan menjalin silaturahmi serta membahas berbagai peluang untuk bekerja sama antara Pertamina, PIS, dan NYK di masa yang akan datang.

Sementara itu, CEO NYK Takaya Soga mengatakan bahwa pihaknya cukup senang atas kerja sama yang selama ini berjalan dengan baik. Terlebih banyak berbagai proyek yang didiskusikan dengan cukup serius.

“Kami ingin mengembangkan kemitraan, persahabatan, dan hubungan kita sebaik mungkin. Saya sangat senang mendengar semua hal tersebut dan sangat senang bisa berjabat lagi untuk masa depan yang cerah bersama,” ujarnya.

Kerja sama ini mencakup investasi, dan kolaborasi bisnis strategis yang siap menguasai pasar LNG internasional. Penandatanganan ini menandai masuknya NYK sebagai salah satu pemegang saham di PIS.

Penandatanganan ini merupakan momen unlock value atau peningkatan nilai aset PIS sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics dari PT Pertamina (Persero). Adapun perjanjian yang ditandatangani adalah Shareholders Agreement, Share Subscription Agreement, dan Strategic Alliance Agreement.

Seperti diketahui, NYK sendiri merupakan perusahaan perkapalan terkemuka di Jepang. Saat ini, NYK mengoperasikan 817 kapal di mana 86 diantaranya merupakan LNG Carriers. Jejak rekam NYK sebagai perusahaan perkapalan juga tak perlu diragukan dengan bisnisnya yang tersebar di banyak belahan dunia. Saat ini, NYK mengoperasikan 20 pelabuhan dan beroperasi di 639 logistics center di dunia.

PT Pertamina International Shipping (PIS), Subholding Integrated Marine Logistics Pertamina, sebelumnya telah menandatangani kerja sama dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK), Kamis (01/12/2022) di Tokyo, Jepang. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis