Connect with us

Bisnis

Ekonom: Penanganan Pandemi Dilakukan Bersamaan dengan Pemulihan Ekonomi Sudah Tepat

Ekonom Nasional, Hardi Fardiansyah

Penanganan kesehatan yang diupayakan semestinya bisa dilakukan bersamaan dengan upaya untuk memulihkan perekonomian.

BISNISREVIEW.COM – Saat ini pemerintah tengah menangani pandemi Covid-19 melalui berbagai program, salah satunya adalah pemberian vaksin Covid-19 kepada seluruh warga masyarakat Indonesia tanpa kecuali. Karena dampak dari pandemi Covid-19  telah melumpuhkan perekonomian nasional dan global.

Seiring dengan hal itu, Ekonom Nasional, Hardi Fardiansyah menilai bahwa upaya dalam penanganan pandemi yang dilakukan bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi oleh pemerintah menjadi langkah yang sudah tepat.

“Saya apresiasi langkah pemerintah  yang meskipun menangani pandemi, juga berupaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ujar Hardi saat dihubungi Bisnisreview.Com, Selasa (4/5/2021).

Menurut Hardi, dalam kondisi seperti ini penerapan protokol kesehatan diterapkan, disamping itu pemerintah memberikan peluang sepenuhnya kepada para pelaku ekonomi dalam mengembang usahanya.

“Jadi penerapan protokol kesehatan dan menggerakan usaha ekonomi agar bisa bangkit dari keterpurukan yang kita hadapi sekarang,” pungkasnya.

Kita semua tahu, sambung Hardi, bahwa pandemi yang dampaknya tidak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat, wabah COVID-19 yang ditularkan oleh virus SARS-CoV-2 itu juga telah melumpuhkan perekonomian nasional dan global.

“Ada sebagian masyarakat berpendapat bahwa upaya terbaik untuk segera menghentikan pandemi di Indonesia adalah dengan memprioritaskan upaya penanganan kesehatan ketimbang pemulihan ekonomi. Namun, menurut saya seharusnya kedua dilakukan bersamaan,” papar hardi.

Lebih lanjut, pria yang berprofesi sebagai pebisnis, motivator dan advokat ini berpendapat bahwa kedua upaya tersebut sejatinya tidak perlu dipertentangkan karena penanganan kesehatan yang diupayakan semestinya bisa dilakukan bersamaan dengan upaya untuk memulihkan perekonomian.

“Jadi saya kira tidak harus dikontroversikan bahwa ekonomi harus dikorbankan. Tidak. Boleh jalan (keduanya). Kesehatan jalan, ekonomi juga boleh jalan,” katanya.

Saat ini, kata Hardi, risiko untuk tertular Covid-19 akan selalu ada, meski seseorang tetap di dalam rumah, mengingat telah banyak penularan dari klaster keluarga.

Untuk itu, setiap orang perlu berupaya agar setiap risiko tersebut dapat dikendalikan atau diminimalkan, yaitu dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

Yang terpenting dalam kedua upaya itu adalah bagaimana protokol kesehatan dapat ditegakkan sebagai solusi pasti penanggulangan wabah COVID-19.

“Jadi, sekali lagi masyarakat boleh keluar rumah, beraktivitas sejauh protokol 3M tetap dilakukan agar jangan sampai virus masuk ke dalam badan kita,” tutupnya. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis