Connect with us

Bisnis

Komitmen Beri Kesempatan UMKM Buka Pasar Ekspor, BCA Harap Bisa Berdampak Positif Bagi Masyarakat

Foto Ilustrasi

Sesi virtual Business Matching merupakan kerja sama BCA dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center (ITPC), dan Bank Koresponden.

BISNISREVIEW.COM – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen memberikan kesempatan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk membuka pasar ekspor.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menilai UMKM ialah salah satu tonggak perekonomian bangsa di tengah masa pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Kami membantu mengakurasi produk UMKM mempersiapkan proses on boarding ke platform digital hingga membantu proses pengembangan bisnis melalui beragam solusi perbankan BCA,” kata Jahja di Jakarta, Jumat (7/5/2021).

Menurutnya BCA senantiasa mendorong UMKM agar cepat tumbuh berdaya saing dan segera pulih dari masa sulit.

“Sejalan dengan visi pemerintah, bank berkode emiten BBCA ini menggagas program Bangga Lokal yang selaras dengan program Bangga Buatan Indonesia,” papar.

Dia berharap BCA UMKM Fest 2021 memberikan dampak positif bagi masyarakat.  “Kami percaya dengan tujuan yang mulia akan menghasilkan hal yang baik pula,” ungkap Jahja.

Dia memerinci rangkaian business matching ini dimulai dengan proses kurasi. Hal itu untuk memastikan bahwa pelaku UMKM telah siap memasarkan produknya ke pasar ekspor.

“Setelah itu, baru dilakukan meeting dengan jadwal yang disepakati bersama,” katanya.

Selama sesi berlangsung, lanjut Jahja, tim BCA akan menjadi moderator dan translator bila ada pelaku UMKM yang terkendala bahasa. Di samping itu mendampingi proses presentasi.

“BCA juga memberikan fasilitas free shipment untuk UMKM yang sudah ada komitmen dengan calon buyer untuk pengiriman sample ke luar negeri,” beber Jahja.

EVP Commercial & SME Business BCA Freddy Iman mengatakan kesempatan itu diwujudkan salah satunya dengan menggelar sesi virtual Business Matching sebagai bagian dari rangkaian kegiatan UMKM Fest yang diadakan pada 16 April hingga 8 Mei 2021.

Sesi virtual Business Matching merupakan kerja sama BCA dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center (ITPC), dan Bank Koresponden untuk menghadirkan lebih dari 100 calon buyer dari 30 negara di lima benua.

“BCA membuka jalan luas bagi pelaku UMKM untuk bangkit di tengah pandemi, tidak hanya di negeri sendiri melainkan juga mampu bersaing secara global.

Kegiatan seperti ini dapat mendorong pelaku UMKM lainnya untuk bangkit dan bersemangat menciptakan inovasi baru,” ujar Freddy. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis