Connect with us

Keuangan

Peningkatan Kualitas Anggaran Kesehatan Berlanjut Tahun Depan, Sri Mulyani Bilang Begini

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

BISNISREVIEW.COM – Saat ini pemerintah tengah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia. Anggaran kesehatan yang akan dikucurkan tahun bukan sedikit nilainya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan upaya peningkatan kualitas anggaran kesehatan berlanjut di 2022. Dalam RAPBN 2022, anggaran kesehatan mencapai Rp255,3 triliun.

“9,4% dari belanja negara, lebih tinggi dari amanat UU kesehatan minimal 5%dari APBN,” ucap Sri Mulyani, dikutip dari Antara, di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Sri Mulyani menegaskan kebijakan anggaran kesehatan 2022 akan diarahkan untuk mendukung reformasi sistem kesehatan dalam lima langkah.

Pertama, transformasi layanan primer, antara lain melalui penguatan Puskesmas, penguatan fungsi promotif dan preventif (termasuk pengendalian penyakit dan imunisasi).

Kedua, transformasi layanan rujukan, antara lain melalui peningkatan ketersediaan tempat tidur dan akreditasi Rumah Sakit (RS), serta peningkatan layanan kesehatan di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan.

Ketiga, lanjut Sri Mulyani, melalui transformasi ketahanan kesehatan, antara lain dalam bentuk peningkatan kemandirian farmasi dan alat kesehatan, serta penguatan ketahanan tanggap darurat. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Keuangan