Connect with us

Nasional

Resmi Menandatangani Peraturan Nomor 35 Tahun 2021, Bupati Halteng: Kita Serius Kembangkan Geopark 

Bupati Halmahera Tengah, Drs. Edi Langkara, MH saat berada di Geopark Halmahera Tengah sambil berdayun

BISNISREVIEW.COM -Terkait pengembangan geopark Halmahera Tengah, yang secara resmi ditandatangani Bupati Halmahera Tengah, Drs. Edi Langkara, MH, yakni Peraturan Bupati Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pengembangan Geopark Halmahera Tengah sekaligus menerbitkan Keputusan Bupati Nomor 556/KEP/382/2021 tentang Tentang Penetapan Geosite Boki Maruru dan Sekitarnya sebagai Prioritas Pengembangan Geopark Halmahera Tengah.

Bupati Edi Langkara menegaskan bahwa  Perbup dan Keputusan Bupati yang mulai diundangkan tanggal 2 Juli 2021 ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan Geopark di Halmahera Tengah. Hal ini, kata dia, sejalan dengan apa yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (geopark).

“Kami serius, mengembangkan geopark di Halmahera Tengah. Dan kami minta semua stakeholder di daerah termasuk pelaku usaha yang beraktivitas di Halmahera Tengah untuk mendukung itu karena ini adalah amanat Peraturan Presiden tentang Pengembangan Taman Bumi”, kata Elang sapaan akrab Bupati Halteng melalui keterangan tertulis yang diterima awak media ini (14/7/2021).

Menurut Elang, Taman Bumi (Geopark), merupakan sebuah konsep pembangunan yang sangat baik karena mengedapnkan aspek konservasi terhadap geodiversity dan culturdiversity yang memberikan dampak positif bagi masyarakat terutama dari aspek pendidikan dan ekonomi lokal.

Penetapan Kawasan Teluk Weda sebagai kawasan Industri Strategis Nasional sebagaimana arahan RPJMN, harus diimbangi dengan upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan disekitar kawasan insdutri. Oleh karena itu, Peraturan yang telah ditanda tangani akan menjadi rujukan bagi semua pihak termasuk pelaku industry dan investasi dalam  upaya perlindungan sejumlah geoheritage yang berpotensi mengalami degradasi akibat  perubahan struktur alam karena aktivitas industry dan pertambangan. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional