Connect with us

Hukum

Tanggapi Hasil Survei Indikator Politik, KPK: Survei Persepsi Publik Jadi Tolok Ukur dalam Menilai Kinerja Lembaga Anti Rasuah

Gedung Merah Putih, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan

BISNISEVIEW.COM – Hasil survei yang dikeluarkan Indikator Politik yang menyatakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinahkodai Firli Bahuri merosot drastis.

Menanggapi pernyataan itu, Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, survei persepsi publik menjadi satu tolok ukur bagaimana masyarakat menilai kinerja dan manfaat yang dihasilkan dari kerja pemberantasan korupsi oleh KPK.

“Pemberantasan korupsi adalah ikhtiar panjang. Dimana dampak dan manfaatnya tidak serta-merta bisa kita rasakan seketika itu juga,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (28/9/2021).

Dalam penanganan sebuah perkara, kata Ali, publik mungkin bisa langsung melihat bagaimana KPK menangkap para pelaku dan memulihkan kerugian negaranya.

Namun pada upaya pencegahan dan pendidikan antikorupsi, dia menggarisbawahi, KPK butuh waktu untuk bisa menikmati hasil dari perbaikan sistem dan penanaman nilai antikorupsi kepada orang-per-orang.

Terlepas dari itu semua, KPK mengapresiasi lembaga survei sebagai pihak yang terus konsisten mengukur dan memotret persepsi publik dan menyampaikan feedback-nya.

Ali mengatakan, feedback dari masyarakat sangat berarti bagi KPK untuk introspeksi dan melakukan perbaikan ke depannya.

“Oleh karenanya, KPK berharap bisa memperoleh indikator dan hasil pengukuran detilnya agar bisa mempelajari poin-poinnya secara rinci,” kata dia. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum