Connect with us

Nasional

Tegak Lurus dengan Pemerintah Pusat, Menpan RB: ASN Harus Bisa Rangkul Masyarakat Hadapi Covid-19

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo

BISNISREVIEW.COM – Kasus baru varian delta menorehkan perhatian besar dari pemerintah sehingga terus-menerus membuat kebijakan melawan Covid-19.

Terkait itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengimbau ASN di seluruh daerah agar tegak lurus dengan pemerintah pusat soal penanganan Covid-19. ASN harus bisa merangkul masyarakat dalam menghadapi wabah yang ganas ini.

“Saya berharap keluarga besar ASN bisa tegak lurus mengikuti perintah pemerintah pusat khususnya arahan dari bapak Presiden dan bapak Wakil Presiden untuk menegakkan disiplin prokes dalam kehidupan dan tugas sehari-hari,” kata Tjahjo saat meluncurkan core values dan employer branding ASN secara virtual, Selasa (27/6/2021).

Reformasi birokrasi, kata Tjahjo, dilakukan sebagai ikhtiar untuk membuatnya lebih adaptif, lebih cepat mengambil keputusan, cepat dalam proses pelayanan publik dan cepat dalam pengambilan keputusan.

Birokrasi pada dasarnya dimulai dari merubah pola pikir aparatur yang harus lebih lincah dan inovatif. Birokrasi sebagai sumber motor utama dalam pembangunan digerakkan oleh SDM aparatur. Karena itu peranannya menjadi sangat signifikan bagi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

“Dalam konteks inilah urgensi transformasi pengelolaan sumber daya manusia aparatur harus dan perlu dipercepat sebagaimana arahan Bapak Presiden,” pungkas Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo mengatakan, ASN di seluruh tingkatan harus ikut bersama-sama TNI, Polri, BIN dan elemen masyarakat lainnya untuk menggerakkan lingkungan masyarakat terutama dalam mengikuti setiap perintah dan anjuran pemerintah pusat maupun pimpinan kepala daerah demi menghentikan pandemi Covid yang sekarang sedang menimpa Indonesia.

Di sisi lain, Tjahjo melapor kepada Presiden Jokowi bahwa saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis, yaitu tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, dan efisien serta cepat mengambil keputusan sebagaimana visi misi Jokowi-Ma’ruf Amin hingga 2024 mendatang.

“Saya pun melapor kepada Presiden Jokowi bahwa saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis, yaitu tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, dan efisien serta cepat mengambil keputusan,” tandasnya. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional