Connect with us

Keuangan

Zakat Self Service, Terobosan Baru IZI dalam Menunaikan Zakat, Infak, dan Sedekah

Bisnisreview.com — Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mengeluarkan terobosan baru dalam aktivitas menunaikan zakat,

infak, atau sedekah, yang terwujud pada produk bernama Zakat Self Service (ZSS).

Mesin ZSS adalah cermin dari perkembangan dunia digital sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan yang cepat, namun tetap akurat.

Terinspirasi dari mesin ATM, ZSS memiliki filosofi yang mengambil dari core value IZI, yaitu memudahkan. Tentu saja dengan harapan keberadaan ZSS dapat memudahkan masyarakat
dalam menunaikan zakat, infak, maupun sedekah (ZIS).

Selain itu, keberadaan ZSS diharapkan akan menjangkau publik yang lebih luas, sehingga penghimpunan ZIS dapat lebih optimal. Dengan penghimpunan yang optimal, tentu akan memaksimalkan pemberdayaan para penerima manfaat.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, maka ZSS akan ditempatkan di pusat perbelanjaan serta ruang-ruang layanan publik, seperti rumah sakit. Kemunculan perdana ZSS di bulan
Ramadhan 1443 H nanti akan bertempat di dua lokasi.

Lokasi pertama adalah Grand
Indonesia, tepatnya di depan lift lantai 2 G Card. Sedangkan lokasi kedua berada di Rumah Sakit Melia Alternatif Cibubur Jakarta.

“Ini merupakan salah satu inovasi baru kami Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), MSS diperuntukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang ingin mengetahui tentang Zakat. Selain itu MSS juga memberikan cara mudah bagi masyarakat untuk menghitung zakatnya,” ungkap Direktur EKZ IZI, Deddy Fenalosa dalam acara peluncuran Mesin MSS di Grand
Indonesia Jakarta Jumat (8/4/2022).

Dijelaskannya, mesin MSS ini sudah dilengkapi dengan kalkulator zakat. Misalnya apabila anda akan menunaikan zakat tabungan, anda tinggal memasukkan jumlah tabungan saja lalu tekan tombol hitung, maka akan keluar jumlah berapa yang akan anda zakatkan, demikian juga dengan zakat fitrah, zakat mall, dan lainnya,” jelasnya.

Tidak hanya sekedar kalkulator zakat saja lanjut Deddy, MSS juga menyediakan layanan fitur pembayarannya. “Apabila anda sudah selesai proses hitung, maka akan dilanjutkan dengan proses pembayarannya, maka akan ada pilihan pembayaran mulai dari E-walet dan lain sebagainya. “Jadi MSS memudahkan masyarakat dalam mengedukasi dan juga dalam menghitung pembayaran zakatnya,” lanjutnya.

Dalam dunia pemasaran ZIS digital, inspirasi baru merupakan sesuatu yang penting, karena mampu mempengaruhi perilaku bahkan bisa mengubah kebiasaan baru,” tegas Deddy
Fenalosa, Direktur EKZ IZI.

“Semoga ZSS dapat menjadi salah satu pilihan kemudahan para donatur dalam menunaikan ZISnya kepada IZI, sehingga dana yang terkumpul dapat kami salurkan menjadi program program yang bisa bermanfaat bagi para penerima manfaatnya,” tutupnya.(BR/Arn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Keuangan