Connect with us

Pertanian

Dosen STP Trisakti Ini Siap Menggelar Pelatihan Bisnis Kuliner Berbahan Sagu

Tepung sagu

BISNISREVIEW.COM – Tepung sagu tentu sudah banyak yang tahu dengan jenis tepung satu ini. Tepung sagu dibuat dari batang pohon sagu. Batang pohon sagu ini diambil sari patinya kemudian menghasilkan tepung sagu yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Produksi sagu untuk dapat dipasarkan, Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti), Dr. Saptarining Wulan SSi, MM mengatakan, dirinya siap menggelar pelatihan membuat makanan atau camilan dari tepung sagu.

“Dari sisi peluang bisnis, permintaan pasar akan tepung sagu pun cukup tinggi, karena memang tepung sagu biasa dimanfaatkan masyarakat untuk membuat berbagai jenis makanan atau camilan. Kebutuhan akan tepung sagu yang banyak ini membuat peluang usaha tepung sagu yang layak untuk dicoba,” kata Saptarining kepada bisnisreview.com, Senin (2/1/2023).

Baca Juga: https://bisnisreview.com/diprediksi-ihsh-kembali-rebound-dari-triangle-antisipasi-pullback-kembali-ke-kevel-7-000/

Menurut Saptarining, bisnis tepung sagu sangat mudah hanya dengan mencari batang pohon sagu sebagai bahan baku utama pembuatan tepung sagu. Bila berminat untuk menjalankan usaha tepung sagu ini maka silahkan mendaftar diri sebagai peserta pelatihan.

“Di bulan Februari 2023 tanggal 12-14 pelatihan awal dilaksanakan di kota Selatpanjang Kabupaten Meranti Provinsi Riau. Kegiatan ini dilaksanakan atas Kerjasama Koperasi Tasmin Asia Galilea dan IKM Sagu Sungai Tohor serta di dukung oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Meranti. Pelatihan selanjutkan akan dilaksanakan di bulan Juni bersamaan dengan kegiatan Expo Sagu Internasional,” jelasnya.

Ia mengatakan, tepung sagu ini bisa dijadikan sebagai usaha dengan prospek keuntungan yang menarik. Target pasar pada tepung sagu cukup tinggi, hampir semua kalangan masyarakat membutuhkan tepung sagu.

“Proses mengolah tepung sagu ini pun sangat mudah dan simple, sehingga siapa saja bisa mencobanya asalkan mengetahui teknik pembuatan tepung sagu dengan baik,” ujarnya.

Dalam menjalankan usaha tepung sagu ini maka membutuhkan modal yang cukup besar, sebab dalam mengolah tepung sagu ini memerlukan peralatan yang memadai dan berkapasitas besar supaya kegiatan produksi bisa berjalan secara maksimal.

Baca Juga: https://bisnisreview.com/perekonomian-tahun-ini-lebih-menantang-ekonom-harap-investor-pasar-modal-tak-terlalu-agresif-dalam-berinvestasi/

“Bahan baku sagu dapat diperoleh dari pohon sagu dengan membelinya di para petani sagu. Sehingga melakukan kerjasama dengan para petani sagu perlu dilakukan supaya nantinya bisa mendapatkan harga bahan baku yang terjangkau,” jelasnya.

Dalam pemasarannya sangat membutuhkan strategi marketing. Menurut Saptarining, strategi untuk usaha tepung sagu ini yaitu dengan mengemas tepung sagu supaya menarik. Tambahi label dikemasan tepung sagu dengan nama unik serta beri tambahan gambar.

“Kemas dikemasan plastik transparan dan tebal secara rapi. Buatlah produk tepung sagu supaya disukai banyak kalangan dengan kualitas tepung sagu yang baik.Peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi tepung sagu ini misalnya penghalus batang sagu, wadah, pengayak tepung sagu, pengemas, dan sebagainya,” paparnya. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pertanian