Connect with us

Bisnis

Jelang Lebaran Idul Adha, Perajin Tusuk Satai Jawa Timur Panen Cuan

Foto Ilustrasi

BISNISREVIEW.COM – Perajin tusuk satai daging kurban dari bambu di Jombang, Jawa Timur, panen cuan. . Permintaan tusuk satai pun meningkat drastis hingga dua kali lipat menjelang Idul Adha 2024,

Perajin tusuk satai yang diketahui bernama Ira Nuriawan (32), warga Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, mengatakan, sejak beberapa minggu terakhir dia banyak menerima pesanan tusuk satai dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dalam sehari dia menghabiskan 15 lonjor bambu untuk memenuhi pesanan masyarakat.

“Untuk hari besar, permintaan meningkat hampir dua kali lipat setiap minggunya. Tiap hari bisa membuat tusuk satai dari 10-15 batang bambu,” kata Ira, dikutip pada Selasa (11/6/2024).

Dia menjelaskan, untuk membuat tusuk satai, awalnya bambu yang sudah tua dipotong menjadi ukuran kecil-kecil kemudian ditipiskan dengan alat pemotong dan dihaluskan. Baru kemudian bambu tersebut dikeringkan dan siap untuk dipilih dan dikirim ke pelanggannya.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Pelanggan Selama Liburan Idul Adha 2024, KAI akan Mengoperasikan 24 KA Tambahan

Untuk harga tusuk satai, ia mematok harga Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per bungkus. “Harga tergantung ukuran tusuk satai,” kata dia.

Untuk membuat tusuk satai, dia harus memilih jenis bambu apus yang sudah tua dan kuat, sehingga tidak mudah patah jika daging kambing maupun daging sapi ditusukkan ke bambu yang sudah berbentuk lidi.

Lebih lanjut, Ira menyebut, menjelang hari raya Iduladha, dalam sebulan dia sudah memproduksi 2 ton tusuk satai. Dia pun meraup cuan Rp 5 juta. “Pendapatan bersih antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta,” ujarnya.

Dikatakan, usahanya ini sudah dimulai sejak 2015 dari nol. Usahanya terus berkembang hingga kini, Ia punya pelanggan dari berbagai daerah. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis