Connect with us

Politik

Mekanisme Perekrutan Tim Seleksi KPUD Secara Tertutup, Dr. Hasan Musad: Ada Apa dengan KPU

Dr. Hasan B Musad, S. Sos, MH.

BISNISREVIEW.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana mengubah mekanisme perekrutan tim seleksi calon anggota KPU Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota dari terbuka menjadi tertutup.

Tampak perubahan mekanisme perekrutan tim seleksi calon anggota KPU Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota dari terbuka menjadi tertutup tersebut menimbulkan pertanyaan dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Dr. Hasan B Musad, S. Sos, MH.

Baca Juga: https://bisnisreview.com/sebanyak-9-titik-panas-terdeteksi-di-kaltim-bmkg-imbau-semua-elemen-masyarakat-turut-jaga-lingkungan/

Menurut Hasan, perekrutan tim seleksi anggota KPUD itu sudah diatur dalam UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Jadi, tambah dia, mekanisme perubahan perekrutan seleksi anggota KPUD tidak sesuai dengan amanah Undang-Undang pemilu.

“Indonesia merupakan negara demokrasi, semestinya menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Hal mengenai perekrutan tim seleksi anggota KPUD seharusnya dilakukan secara terbuka,” kata Hasan kepada Bisnisreview.com, Kamis (19/1/2023).

Hasan menegaskan bahwa perekrutan tim seleksi anggota KPUD sejatinya berdasarkan kriteria yang diperlukan untuk menjadi tim seleksil di daerahnya masing-masing.

“Punya pengetahuan yang memadai tentang kepemiluan dan tim seleksi ini memahami situasi lokal, karakter masyarakatnya, mengetahui betul calon-calon yang memiliki kompetensi dari KPU Provinsi,” tegasnya.

Baca Juga: https://bisnisreview.com/untuk-mengalahkan-rusia-inggris-desak-negara-negara-barat-pasok-tank-ke-ukraina/

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika hal itu dilakukan secara tertutup, maka yang dipilih bisa saja tidak sesuai kriteria yang diperlukan untuk menjadi tim seleksi di daerahnya masing-masing, bisa saja ada titipan dari oknom-oknom tertentu untuk anggotanya menjadi tim sekleksi dan selanjutnya menempatkan kerabat, keluarganya menjadi anggota KPU di Daerah baik di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Jadi mekanisme perubahan perekrutan tim seleksi anggota KPUD ini perlu dipertanyakan dipertanyakan,” ujarnya. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik