Connect with us

Keamanan

Pushidrosal TNI AL Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi TNI ke-78

Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memperingati ke-78 Hari Jadi TNI Angkatan Laut bertempat di Markas Komando Pushidrosal, Jakarta Utara, Senin, (11/9/2023).

BISNISREVIEW.COM – Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memperingati ke-78 Hari Jadi TNI Angkatan Laut bertempat di Markas Komando Pushidrosal, Jakarta Utara, Senin, (11/9/2023).

Upacara Peringatan ke-78 Hari Jadi TNI Angkatan Laut dipimpin oleh Wakil Komandan Pushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, dihadiri oleh Pejabat Utama Pushidrosal, para Dansat/Kasatker Pushidrosal, serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Pushidrosal.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan Wadapushidrosal menyampaikan, selama 78 tahun TNI Angkatan Laut telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan maritim yang selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakkan hukum dan keamanan di seluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran internasional.

Dalam pengabdiannya, TNI Angkatan Laut telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian. TNI Angkatan Laut juga secara aktif terlibat dalam berbagai Operasi Kemanusiaan di dalam dan luar negeri.

Pada level regional, TNI Angkatan Laut memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan. Selain itu, kontribusi nyata TNI Angkatan Laut dalam Misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia internasional.

Setiap prajurit TNI Angkatan Laut harus selalu adaptif terhadap perubahan, dan senantiasa membuka diri untuk belajar hal-hal baru, keluar dari zona nyaman, serta mampu berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga.

Oleh karena itu, pembangunan sumber daya manusia TNI Angkatan Laut yang profesional dan tangguh, berlandaskan kekuatan moral, pengetahuan yang luas dan penguasaan teknologi, mutlak untuk diwujudkan.

Tema hari jadi TNI Angkatan Laut kali ini adalah “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema ini menunjukkan komitmen tinggi dari TNI Angkatan Laut untuk selalu meningkatkan kemampuan guna menghadapi spectrum ancaman yang semakin kompleks dalam rangka turut serta mewujudkan visi Indonesia emas yakni menjadi negara maju, adil, dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut, komitmen tersebut tentunya perlu didukung oleh kekuatan TNI Angkatan Laut yang modern dengan daya pukul yang kuat, daya manuver yang handal dan daya gentar yang tinggi, serta memiliki jangkauan operasional dan kemampuan proyeksi kekuatan di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia. (BR/Arn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Keamanan