Connect with us

Bisnis

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Rositha Rahman Leuwol: Perlu Dibangun Pariwisata di Wilayah Kei Kecil Timur dan Barat

Pemerhati Pariwisata, Rositha Rahman Leuwol S.Par

BISNISREVIEW.COM – Sektor pariwisata memiliki peranan penting sebagai salah satu sumber bagi penerimaan devisa, serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya dalam mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan produktivitas suatu negara.

Mengingat wilayah Kei Kecil Timur dan Kei Kecil barat sangat potensial dalam membangun pariwisata. Pasalnya, kedua wilayah ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan menarik.

Pemerhati Pariwisata, Rositha Rahman Leuwol S.Par mengatakan, pariwisata berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai jalur termasuk pendapatan mata uang asing, menarik investasi internasional.

Baca Juga: https://bisnisreview.com/ucap-tahun-baru-imlek-2023-wapres-momen-untuk-perkuat-solidaritas-mewujudkan-visi-indonesia-maju/

“Bila kita ingin meningkatkan ekonomi dan mensehterakan masyarakat, maka saya mintah kepada pemerintah kabupaten Kei untuk segera membangun pariwisata di wilayah Kei Kecil Timur dan Kei Kecil Barat,” ujar Rositha kepada Bisnisreview.com, Sabtu (21/1/2023).

Membangun pariwisata di wilayah Kei Kecil Timur dan Kei Kecil barat, kata dia, sebagai leading sektor dalam pembangunan ekonomi masyarakat kei kecil Timur dan barat.

Menurut Rositha, kedua wilayah tersebut belum mendapatkan perhatian khusus dari Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara dimana hanya terfokus pada satu titik yaitu di kawasan Pasir Panjang.

Baca Juga: https://bisnisreview.com/bni-sebut-fluktuasi-pasar-saham-di-awal-tahun-pengaruhi-tren-penempatan-dana-nasabah-tajir/

“Padahal potensi yang sama juga dimiliki oleh kawasan kei kecil Timur sebut saja wisata kuliner di wilayah Ohoi Disuk, Ohoi Iso dan kawasan teluk Wain dengan ikon nendit sakmas sebagai wisata kultur di Ohoi Wain,” tuturnya.

Rositha berharap agar potensi ini bisa digarap dengan matang dan tata kelola pariwisata yang profesional dengan melibatkan pihak masyarakat serta pelaku dunia usaha wisata sehingga dapat mendobrak pendapatan daerah terutama dari sektor pariwisata.

“Karena pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian domestik. Pariwisata merupakan komoditas yang paling berkelanjutan dan menyentuh hingga ke level bawah masyarakat termasuk masyarakat Kei,” paparnya. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis