Connect with us

Pertanian

Prof. HM Bintoro: Sagu Memiliki Potensi Sangat Besar dalam Memenuhi Kebutuhan Diversifikasi Pangan

Tanaman sagu

BISNISREVIEW.COM – Keberadaan sagu mempunyai peran strategis dalam upaya mengembangkan penganekaragaman pangan di daerah untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Prof. HM. Bintoro mengatakan, sagu memiliki potensi yang sangat besar dalam memenuhi kebutuhan diversifikasi pangan. Pasalnya, potensi sagu yang berada diberbagai daerah itu, dalam pemanfaatannya merupakan makanan tradisional yang sudah dikenal sejak lama oleh para leluhur.

Baca Juga: https://bisnisreview.com/yusril-ihza-mahendra-nilai-perppu-cipta-kerja-jauh-memenuhi-alasan-pemakzulan/

“Bahkan keberadaan sagu sebagai sumber makanan pokok tersebut juga menjadi simbol identitas dan budaya suatu komunitas masyarakat,”kata Prof. HM. Bintoro dalam tulisan ilmiahnya, dikutip Bisnisreview.com, Kamis (12/1/2023).

Bintoro menjelaskan bahwa tepung sagu juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan yang lebih modern.

“Melihat potensi sagu yang dapat mendukung ketahanan pangan tersebut. Maka, kebijakan pembangunan pertanian seyogyanya didasarkan pada kearifan lokal masing-masing daerah dengan mengoptimalkan pengembangan potensi hayati lokal,” tegas Bintoro.

Kekuatan utama, lanjut dia, menuju dan mengakselerasi pembangunan terwujudnya kemandirian pangan di daerah terletak pada keberpihakan kebijakan terhadap pemanfaatan dan pengembangan komoditas unggulan kearifan lokal daerah.

Baca Juga: https://bisnisreview.com/kesehatan-menurun-gubernur-papua-lukas-enembe-masih-dirawat-di-rspad/

“Faktor budaya sangat penting dalam pembangunan pertanian, khususnya dalam pembentukan pola sinergitas antara benih, tanah dan tenaga kerja,” jelasnya.

Untuk itu, kata Bintoro, sagu sebagai salah satu komoditas yang menggambarkan kearifan lokal suatu daerah dan memiliki keunggulan kompetitif sebagai penghasil karbohidrat sudah saatnya menjadi perhatian.

“Apalagi dengan semakin menguatnya ancaman perubahan iklim, disusul ancaman krisis pangan. Maka, sagu dapat dijadikan sebagai sumber pangan alternatif sekaligus solusi atas problem yang berjalin kelindan tersebut,” ujarnya. (BR/Arum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pertanian